Efek Mandela

Posted on September 2, 2016

0


Mandela Effect. Ini adalah gejala aneh pengingatan.

 

Kita pasti tahu siapa Nelson Mandela. Banyak orang mengingatnya sebagai seorang pejuang hak asasi manusia yang dipenjarakan belasan tahun oleh rezim rasis di Afrika Selatan, lalu  . . .

 

Lalu apa?

Nah, disini letak anehnya. Beberapa orang akan menceritakan bahwa Mandela akhirnya meninggal di dalam penjara. Namun banyak orang akan menyangkal hal itu dan mengatakan bahwa dia tidak meninggal di penjara; dia akhirnya dibebaskan, bahkan bercerai dari istrinya, sebelum meninggal sebagai manusia bebas tahun 2003.

 

Beberapa orang yang menganggap bahwa Mandela meninggal di penjara tadi tetap ngotot bahwa sepanjang yang mereka tahu dan ingat, Mandela tidak pernah dibebaskan. Dia meninggal di penjara. Mereka bahkan bisa mengingat melihat beritanya di surat kabar bahwa Mandela memang meninggal di penjara.

 

Kasus lain lagi menyangkut mobil yang ditumpangi Presiden Kennedy waktu dia tewas ditembak di Texas. Di sebuah museum, mobil itu direproduksi, dan pengunjung akan melihatnya sebagai sebuah mobil dengan 6 penumpang. Padahal jelas-jelas mobil Kennedy pada saat itu adalah mobil 4 penumpang. Terjadi lagi keanehan disini: sang pembuat mobil di museum mengingat bahwa mobilnya berkapasitas 6, namun versi sebenarnya adalah mobil itu hanya berpenumpang 4.

 

Ingatan memang kompleks. Bagaimana mungkin ada dua versi pengingatan terhadap satu peristiwa?

 

Akan lebih terasa menakjubkan lagi kalau menyimak dunia fisika kuantum yang sedikit demi sedikit bisa membuktikan bahwa kita itu sebenarnya punya banyak versi hidup. Di salah satu versi, kita adalah yang sekarang kita alami bersama disini. Namun di semesta yang lain–disebutnya multiverses–ada juga kita yang menjalani kehidupan yang sama sekali lain dengan apa yang sedang terjadi disini. Jadi kalau Anda sedang patah hati karena ditinggal kekasih yang tak kan pernah bisa Anda miliki, di semesta lain barangkali Anda sudah hidup bersamanya sebagai pasangan suami istri yang bahagia dan sejahtera.

 

Alam semesta memang misterius dan pada saat yang sama membuat takjub dan heran kita-kita ini.

 

 

 

 

Posted in: Uncategorized