Darimana Datangnya Kesadaran?

Posted on August 27, 2016

2


Mengikuti ceramah para spiritualis banyak kali membuat saya tertegun-tegun. Isinya luar biasa, tidak lazim menurut akal kita-kita  yang makhluk-makhluk dangkal. Kali ini mereka berbicara tentang kesadaran. Banyak dari kita yang mengatakan dan percaya  bahwa kesadaran itu sumbernya ya dari otak. Ternyata tidak. Menurut kaum pemikir ini, mencari  sumber kesadaran di dalam otak itu sama seperti mencari seorang penyiar radio di dalam radio yang sedang berbunyi mengabarkan berita. Ya jelas ndak akan ketemu.

 

Kalau otak mengalami cedera parah karena benturan atau penyakit, maka kita akan mengatakan : “wah, kesadarannya pasti akan rusak atau terganggu”. Ternyata tidak demikian. Menurut kaum pemikir ini, yang rusak adalah isi kesadaran itu, bukan sang kesadaran itu sendiri.

 

Lalu sekarang mari kita anggap bahwa 2 + 2 = 5. Kita akan mengatakan bahwa ternyata itu salah. Yang benar adalah 2 + 2 = 4.

 

Sekali lagi, kaum pemikir itu mengatakan: “mau salah mau benar, kesadaranmu tidak berubah. Kesadaran mengalami apa yang kita anggap salah, dan tidak berubah juga kadar pengalamannya ketika kita menganggap sesuatu adalah benar”.

 

Maka di ujung ceramah itu, saya pun makin curiga dan makin percaya bahwa yang mereka sebut-sebut sebagai Kesadaran itu tak lain adalah Tuhan sendiri.