Lagu yang Aneh

Posted on July 20, 2016

0


Lagu yang aneh. Video klipnya biasa saja, malah terkesan serampangan karena diambil dengan kamera tangan. Pemain-pemainnya yang jelas orang-orang amatiran berpakaian seadanya, hanya berkaos oblong, bercelana training dengan sepatu kets. Mereka melakukan beberapa gerakan dance yang juga tidak kalah nyentriknya di sebuah pusat perbelanjaan. Mereka menari seperti itu di bawah iringan lagu berjudul “Praise You” yang dibawakan oleh entah orang atau sekelompok orang bernama “Fatboy Slim”. Lagunya itu diputar dari sebuah tape recorder yang diletakkan di lantai . . .

 

Liriknya juga sangat sederhana. Frase ” I have to praise you like I should” diulang beberapa kali dengan iringan piano, gitar bas dan drum.

 

Pendek kata, lagu dan video klip ini terkesan asal jadi, kalau ndak boleh dikatakan serampangan. Nah, anehnya, keseluruhan perpaduan gerakan dan lagu itu bisa sangat terasa aneh namun menyenangkan. Itu yang pertama saya rasakan ketika melihatnya. Ternyata perasaan saya tidak jauh berbeda dengan beberapa orang yang menuliskan komentarnya di bawahnya: “Aku merasa sangat terpikat dengan cara yang sangat aneh”; lalu ada lagi yang menulis: “Saya suka melihat beberapa orang menari dan have fun seperti ini. Sungguh membuatku tersentuh”.

 

Adegan  video klip itu pada menit ke 2.02 sampai 2.07 membuat saya terhenyak. Aneh, aneh sekali rasanya tapi juga senang, terharu, geli dan  . . . aduh wis talah, pokoknya serasa aneh tapi senang, sulit sekali menggambarkannya.

 

Mungkin disitu ya letak keindahan seni. Tidak masuk akal, dihitung secara matematis apalagi dianalitis pasti tidak masoook, semua pakem keharmonisan dan estetika dituabrak gak karuan, tapi kok ya . . . . menyenangkan. Ada spirit luar biasa yang hanya bisa ditangkap oleh seniman-seniman genius seperti Fatboy Slim ini.

 

Penasaran? Buka saja Youtube,  lalu ketikkan  “Praise You Fatboy Slim” di kolom searchnya. Lihat video klip itu. Kalau Anda merasa datar saja ya wis lah ndak apa-apa, mungkin Anda manusia golongan analitis logis yang sudah mati rasa terhadap seni. Tapi kalau Anda merasa aneh tapi asik dan nyaman, lha ya itu, itu persis yang saya rasakan.

 

Kalau suka, cari juga lagunya yang berjudul “Push the Tempo”. Ini juga ndak kalah gemblungnya, tapi dijamin Anda akan ketawa melihatnya🙂

 

 

 

 

 

 

 

Tagged: , , ,
Posted in: humanity, musik, Nyantai