Akreditasi A Prodi Sastra Inggris

Posted on June 10, 2016

0


Bulan Juni 2015 saya mengeluarkan surat keputusan yang isinya adalah pembentukan tim akreditasi Prodi Sastra Inggris. Saya tuliskan di surat itu: “target adalah akreditasi dengan nilai A”.

Bulan Oktober, masih pada tahun yang sama, prodi itu memenangkan hibah 30 juta rupiyah untuk mempersiapkan akreditasinya. Bulan Januari 2016 tim itu mulai bekerja kesetanan untuk menyiapkan akreditasinya (ya sebelumnya juga sudah mulai bekerja cuma ndak kesetanan).

 

Bulan Maret 2016, prodi itu divisitasi oleh dua orang guru besar dari dua buah universitas negeri.

 

Bulan Juni 2016, hari ini, keluar hasilnya melalui situs BAN PT: akreditasi Sastra Inggris Universitas Ma Chung hasilnya adalah A.

 

Bagaimana perasaan kami? Yaah, tentu saja kami merasa sangat gembira dan bersyukur kepada Tuhan. Tapi selebihnya yaah, biasa-biasa aja sih. Bukankah sudah saya tulis di blog ini tahun 2011 ketika kami pertama kali diakreditasi bahwa orang-orang prodi Sastra Inggris itu kebanyakan low profile: bekerja dalam diam, minus gembar gembor bahwa prodinya dapat ini itu, dan ketika hasilnya keluar yaah, salam-salaman antara kami saja dan setelah itu bekerja lagi dalam diam.

 

Sepi ing pamer rame ing gawe.

 

Pujian pribadi saya alamatkan ke ketua tim yang tak lain adalah kaprodi Sastra Inggris sendiri. Orang ini, ya, tipe cabe rawit. Mungil, tapi puedeessss soro! Hahaha! Maksud saya, dia itu pedes dalam semangatnya yang berkobar-kobar memimpin tim dan menyajikan semua seluk beluk prodinya di hadapan para asesor dari BAN PT. Dengan suaranya yang lantang dan penjelasannya yang lugas disertai bukti-bukti dokumen fisik yang mendukung klaimnya, memang layak kalau dia diganjar A untuk akreditasi prodinya.

 

Selebihnya adalah kerja tim. TEAM = Together Everyone Achieves More. Ternyata kerja samanya  juga datang bukan hanya dari rekan-rekan seprodi, tapi juga  unit-unit pendukung lain: bagian kemahasiswaan dan alumni, perpustakaan, sistem informasi, biro perlengkapan, lembaga penjaminan mutu, bahkan juga para mahasiswa. Xie xie ya semuaanyaaa! Muacchh! Machung ai wo (Ma Chung cinta saya) gitu loh!

 

Sebagai orang yang tahu jerohan prodi saya, saya pribadi tahu benar bahwa hasil A itu yaaah menggembirakan, tapi juga menjadi cambuk untuk terus memperhatikan kelemahan-kelemahan dalam prodi ini. Ya, saya pasti tahulah kelemahannya. Dan kalau sudah akhir tahun ajaran seperti ini, hal-hal itu makin menjadi bahan pemikiran karena sudah saatnya untuk menyusun program-program baru yang sifatnya memperbaiki yang masih lemah tadi itu.

 

Ini akhir pekan. Berita gembira ini seharusnya disikapi dengan sedikit perayaan. Yah, mungkin nanti rekan-rekan seprodi mau makan-makan dimana gitu kek. Karena prodi saya itu didominasi oleh ibu-ibu, nampaknya nanti akan ada ajakan untuk sekedar makan-makan merayakan keberhasilan ini. Biasalah, ibu-ibu itu paling seneng mengatur acara makan bersama dan tahuuu aja tempat yang enak untuk makan-makan.

 

 

 

 

 

 

 

Posted in: akademik, Teamwork