Profesional Apa Artinya?

Posted on May 10, 2016

0


Bincang-bincang dengan seorang kolega pada hari Sabtu siang membuka mata saya tentang kata “profesional”. Kita sering mendengarnya bahkan mengucapkan kata ini. Tapi apa sebenarnya artinya?

“Wah, orang itu ndak profesional. Hasil kerjanya ndak karu-karuan.”

 

“Serahkan aja kerjaan kayak gini ke dia. Dia tuh sudah profesional.”

 

“Saya minder karena dibanding mereka, saya mah bukan profesional.”

 

Ketiga ungkapan di atas mengandung kata “profesional”, tapi masih belum jelas juga kan apa artinya? Kalau dibaca ulang, barangkali kata “berpengalaman” bisa menggantikan kata tersebut. Tapi apa benar orang yang sudah berpengalaman tentu seorang profesional? Kalau memang demikian, tukang tambal ban di pinggir jalan itu bisa dong kita sebut profesional karena dia toh sudah berpengalaman bertahun-tahun menambal ban. Tapi apa iya tukang seperti itu bisa disebut profesional?

 

Kata profesional itu pasti erat kaitannya dengan profesi. Sebuah profesi ya pantas-pantasnya diperoleh setelah melewati pendidikan yang lama dan berat. Jadi seorang dokter bisa disebut profesional karena sudah menempuh pendidikan dokter selama bertahun-tahun. Ini beda dengan tukang tambal ban di pinggir jalan karena setahu saya belum ada atau bahkan tidak ada lembaga pendidikan yang mengajarkan ketrampilan menambal ban. Jadi, seorang tukang tambal ban bisa dikatakan berpengalaman tapi pasti lah bukan seorang profesional.

 

Lha sekarang pertanyaan berikutnya adalah: apakah benar seorang yang profesional selalu lebih unggul daripada yang berpengalaman? Ya, belum tentu juga. Seorang trainer yang menjadi favorit banyak disuka bukan karena dia mengantongi sertifikat tertentu, tapi karena pengalaman melatihnya sudah ribuan jam, ditambah dengan belajar secara otodidak, plus kemampuan interpersonalnya yang ramah dan menyenangkan. Berbekal semua itu, bisa jadi dia lebih baik daripada seorang trainer bersertifikat yang menganggap dirinya “profesional”.

 

Jadi kesimpulannya, seorang profesional sejati adalah dia yang telah menempuh pendidikan formal sampai tuntas, punya banyak pengalaman di bidang tersebut dengan rekam jejak bagus, dan memang bisa diandalkan dalam hal  kualitas kerja, ketepatan waktu,  dan punya integritas (tidak mudah disogok atau dipengaruhi).

 

Let’s go pro!

 

 

 

 

 

 

Posted in: akademik