Menulis dlm Bhs Inggris: Gimana Caranya

Posted on April 28, 2016

2


 

MEA sudah datang. Sebelum akhirnya gigit jari karena tertinggal langkah oleh orang-orang asing yang menyerbu Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan, sebaiknya memang Anda cermati yang satu ini: menulis!

Menulis bukan cuma menulis status di socmed, tapi menulis ilmiah. Karena saingan-saingan kita adalah orang-orang manca negara, maka yang ditulis pun harus dalam bahasa Inggris.

 

Nah, coba perhatikan tulisan berikut:

In many organizations the primary instrument of management control is responsibility budgeting, which embraces both the formulation of budgets and their execution.  In responsibility budget formulation, an organization policies are converted into financial target that correspond to the domains of administrative unit and their managers.  Financial target must be clear and attainable, so it will not make any stress to subordinate,  while in responsibility budget execution, operation are monitored and subordinate managers are evaluated and rewarded.  Manager must use “stick and carrot” approach.  If the subordinate  manager can achieve the target, they have to be rewarded, but if they deviate from the target they have to be punished.

 

Kalimat yang dicetak tebal di paragraf di atas adalah topic sentence, kita singkat TS. TS ini mengandung ide utama yang akan dibahas lebih jauh di baris-baris selanjutnya. Ide utama dalam TS ini adalah “formulation of budgets and their execution”.

 

Kalimat-kalimat berikutnya memang dengan jelas terkait pada ide utama tersebut. Namun makin ke bawah terasa makin mblehar, sampai puncaknya pada kalimat yang dicetak miring. Kalimat-kalimat itu sudah mengandung ide yang lain, yaitu bagaimana seorang manajer harus mengganjar atau menghukum bawahannya yang tidak  bisa mencapai target. Karena ide ini sudah tidak lagi terkait dengan ide yang pertama tadi, paragraf  tersebut jadi terasa membingungkan.

 

Jadi resep pertama dalam menulis akademik bahasa Inggris adalah ini: satu paragraf untuk satu ide utama. Tuliskan TS nya, kemudian pastikan bahwa kalimat-kalimat setelah TS mendukung, menjelaskan, atau memberi contoh untuk ide utama dalam TS tersebut. Kalau sudah mulai kepikiran ide besar yang lain, jangan teruskan menulis. Buat paragraf baru, dan tulis ide tadi dengan TS yang baru pula.

 

Yah, memang menulis akademik dalam bahasa Inggris tidak akan semudah berbicara dalam bahasa Inggris. Perlu ratusan jam belajar yang di dalamnya memuat banyak latihan menulis dan membaca esai-esai yang sudah bagus untuk bisa menguasainya. Tapi ya jangan putus asa sebab selama ada dosen seperti saya, dijamin Anda pasti bisa menulis pada akhirnya.🙂

 

 

 

 

 

 

Posted in: menulis