Bekerja di Dumay (Dunia Maya)

Posted on April 25, 2016

3


Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa dumay (dunia maya) juga diam-diam menawarkan banyak kesempatan untuk mendapatkan penghasilan. Mungkin juga banyak yang belum tahu hal itu. Maka dalam posting kali ini saya akan membagikan sepercik pengalaman mengunjungi wilayah ini.

 

Beberapa dan bahkan banyak hal bisa dilakukan lewat perantaraan komputer dan jaringan Internet. Berbagai macam apps makin banyak menciptakan pola interaksi yang  bukan hanya membuat transaksi  lebih efisien tapi juga merupakan jejak pola pikir kreatif. Kalau dulu hal naik taksi adalah menyetop taksi yang lewat di jalan atau menelpon pangkalan taksinya, sekarang makin banyak yang mengklik apps Go-Jek dan Uber untuk segera mendapatkan taksi. Kalau dulu memesan kue terbul  mengharuskan kita berjalan ke penjualnya lalu memesan, sekarang kita tinggal mengklik apps tertentu dan pizza atau terbul pun bisa dikirim ke alamat kita.

 

Nah, itu yang konsumtif. Bagaimana dengan yang produktif? Jasa paling umum adalah terjemahan. Di kaskus saya melihat ada satu penerjemah yang terkesan sangat bonafide dengan garansi uang kembali jika hasil terjemahannya terlambat dikirim 1 menit saja. Peralatan terjemahannya canggih, yaitu dengan bantuan CAT Tool yang kalau beli juga cukup mahal. Tapi dengan profil semeyakinkan itu, tidak heran kliennya pun adalah lembaga-lembaga besar di segenap penjuru negeri ini.

 

Mereka yang lebih suka kerja freelance dari rumah atau kafe, bisa membuka situs sribulancer.com atau freelancer.com. Disitu banyak sekali klien yang membutuhkan aneka macam jasa mulai dari tips mencegah penuaan sampai pengelolaan keuangan pribadi atau perusahaan kecil. Kalau Anda lulusan jurusan akuntansi, bahasa asing, atau teknik informatik, situs ini layak dikunjungi dan dicoba.

 

Nah, lalu kalau untuk yang hobi menulis kayak saya gimana? Ada juga sih. Saya temukan setelah menjelajah kesana kemari sampai nyasar-nyasar. Situs ini mempertemukan klien yang memerlukan suatu tulisan atau ulasan tentang topik tertentu dengan para penulis.Misalnya, si klien akan minta satu tulisan yang bagus tentang produk pabriknya, lalu si penulis akan menulis ulasan tersebut. Jika si klien suka, maka dia akan membeli tulisan tersebut dan bisa dipajang di blog perusahaannya atau di brosur/prospektusnya.

 

Saya lihat topik yang diminati bermacam-macam. Salah satunya adalah traveling. Coba kunjungi situs janeefraser.com Nah, itu adalah salah satu situs tentang traveling yang isinya mempromosikan berbagai obyek wisata di seluruh dunia. Tulisan-tulisan disitu dibuat oleh penulis-penulis yang memang suka traveling dan pintar menulis.

 

Jadi, Anda suka traveling tapi ndak bisa menulis? Atau sebaliknya, Anda pintar menulis tapi ndak sering traveling karena uang pas-passan? Bekerja sama lah! Anda yang suka traveling bisa bercerita kisah perjalanan Anda ke berbagai tempat ke teman yang pinter nulis. Dia akan menuliskannya secara memikat, lalu mengirimkan ke situs tersebut. Kalau banyak yang tertarik, tulisan itu akan dibeli dan imbalannya (sekitar 3 – 40 an USD) akan langsung dikirim ke Paypal milik Anda dan teman Anda tadi. Cukup menarik, kan? Sudah seneng traveling, bisa cerita, dan dapat duit pula.

 

Karena situs ini memang tempatnya para profesional, ketika sign up Anda akan dites tata bahasa Inggris secara online! Ada sekitar 30 an soal pilihan ganda yang harus Anda selesaikan. Jika skor Anda sempurna, Anda akan langsung dikasih tanda sebagai anggota situs itu, lalu mulailah Anda bisa mencari klien-klien yang memerlukan tulisan.

 

Bekerja sebagai freelance di dumay? Tidak ada salahnya dipertimbangkan.

 

Posted in: humanity