Tuhan

Posted on January 5, 2016

0


Tuhan itu apa?

Kalau kita disodori pertanyaan seperti ini oleh seorang anak kecil yang masih lugu, belum tentu lho kita bisa menjawab dengan lancar.

Orang atheis akan menjawab: “Tuhan? Apa itu? Tidak ada itu makhluk yang namanya Tuhan.”

Orang agnostik akan menjawab: : “Itu sesuatu yang ndak bisa diketahui. Jadi daripada repot-repot cari tahu, mending melakukan pekerjaan lain yang lebih asyik aja.”

Orang fanatik akan menjawab: “Tuhan itu makhluk yang luar biasa dahsyat, maha segalanya. Dia tuh menciptakan semua yang ada di alam ini, lalu mengamati dengan cermat semua ciptaannya itu. Kalau ada yang jahat atau nakal atau kejam, Dia catat di bukunya, terus ntar kalau mereka itu udah mati, dilemparnya arwah mereka ke neraka untuk disiksa sama setan selama-lamanya.”

Seorang penganut Deism akan menjawab: “Tuhan itu adalah Sang Maha Pencipta, tapi habis menciptakan semua ini, terus Dia kabur. Makanya kita sekarang gak karu-karuan begini ya karena ditinggal dhak sama Dia.”

 

Seorang penganut Monotheism akan mengatakan: “Tuhan itu adalah satu. Hanya ada satu Tuhan.”

 

Seorang penganut Pantheism akan menambahkan: “Tuhan itu ya alam semesta ini.”

 

Seorang spiritualis mengatakan: “Tuhan itu ya semua pengalaman yang pernah kita rasakan ini, ya marah, ya sedih, ya senang, ya gembira, dan semua pengalaman lainnya, kalau kita jadikan satu, ya itulah Tuhan.”

Spiritualis yang lain meyakini bahwa Tuhan adalah Maha Kekosongan darimana semua ini berasal. Tanpa ego, tanpa pikiran, tanpa tubuh, Tuhan seperti ini tidak ada dimana-mana dan oleh karena itu hadir dimana-mana.

Lalu makin banyak yang meyakini ini: “Tuhan itu menciptakan kita manusia secitra dengan diriNya sendiri. Jadi, ya, pada dasarnya, esensi terdalam dari diri kita ini ya itulah Tuhan sendiri.”

 

Para pakar astrofisika seperti Einstein tidak secara terang-terangan menyebut “Tuhan”. Mereka menamainya dengan julukan yang sangat anggun: “The Unified Field”. Dengan kata lain, Tuhan adalah Kesadaran yang membuat Big Bang yang memulai alam semesta  tanpa ujung dan tanpa akhir ini.

 

Banyak juga ya versi tentang Tuhan? Anda percaya yang mana?

Buat saya, yang paling menarik (bukan berarti yang paling benar lho ya) adalah versi dari agamawan fanatik di atas: Tuhan adalah makhluk yang setelah menciptakan semuanya dengan Kasih, lalu memonitor semua perilaku ciptaanNya, lalu menahan geram dan dendam melihat ulah mereka. Setelah nanti mereka mati, akan dihukumNya mereka dengan siksa api neraka.

 

Bwahahaha!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posted in: Uncategorized