Bicara Bahasa Inggris

Posted on December 30, 2015

0


Bicara Bahasa Inggris

Beberapa orang bertanya bagaimana sih caranya belajar bicara bahasa Inggris?

Jawaban saya sederhana aja: nekad ajalah, ngomong aja dengan kata-kata yang sudah diketahui seadanya dulu.

Dalam ilmu pengajaran bahasa ada yang namanya semanticization. Ini artinya tahap dimana seseorang mengujarkan kalimat dengan fokus pada makna dan itu artinya tidak peduli tata bahasa. Yang penting ngerti. Urutan katanya pun dibuat sesederhana mungkin, yaitu siapa melakukan apa, dimana, dan kapan. Jadi jangan heran kalau ada seseorang di tahap ini mengujarkan: you go where? Me going Japan, you can to join me? No? Yes?

Secara tata bahasa tentu saja ujaran itu ndak karu-karuan, tapi artinya masih bisa dimengerti kan?

Dalam ilmu bahasa ada entitas luar biasa yang disebut shared context. Konteks ini adalah situasi, kondisi, peran sosial yang melingkupi dua orang penutur. Ketika mereka berkomunikasi, sebagian besar pemahaman mereka dimungkinkan oleh konteks tersebut. Jadi, sekalipun ujarannya masih ndak karuan secara grammar, tapi adanya konteks membuat ujaran tersebut masih bisa dipahami.

Tentu saja kita tidak ingin selamanya berada di tahap semanticization. Dengan belajar lebih tekun kita akan sampai pada tahap berikutnya, yaitu syntacticization. Ini tahap dimana kata-kata mulai ditata sesuai kaidah, ada tenses, ada pengaitan ide yang membuatnya menjadi lebih kompleks, dan sebagainya. Jadi dengan bekal ini seseorang bisa mengujarkan serangkaian gagasan yang lebih kompleks, seperti ketika seorang lao shi ingin mengatakan bahwa dia minta ijin cuti lebih daripada 12 hari karena dia perlu memeriksakan kesehatannya.

‘i am asking for a permission to leave for more than 12 days because I need to have a medical check-up.’

Seneng ya kalau sudah bisa seperti itu? Tapi bagaimana memulainya? Ya kembali ke saran saya di atas tadi: nekad dulu sajalah!

Sent from my iPad

Posted in: Uncategorized