Kenapa Waktu Berlalu Semakin Cepat

Posted on December 25, 2015

0


Kenapa Waktu Berlalu Semakin Cepat

Rasanya bukan hanya saya yang merasa bahwa waktu berlalu semakin cepat. Banyak juga yang merasa demikian. Tahun 2012 dimana semua orang mengira bahwa dunia akan kiamat itu sudah 4 tahun yang lalu! Padahal rasanya kayak baru kemarin, bukan?

Jaman saya masih SD, yang namanya setahun itu rasanya lamaaa sekali. Jadi acara Natal dan Tahun Baru pasti akan menjadi momen yang mengesankan karena setiap kali kami merayakannya, rasanya seperti sampai pada satu ujung dari perjalanan yang lamaaa sekali.

Namun saat ini, begitu masuk tahun baru, Januari sampai Maret melesat cepat, lalu sampailah pertengahan tahun, lalu tahu2 sudah Desember, dan yaah…Natalan lagi. Kayaknya baru kemarin saya datang ke acara gathering keluarga besar di rumah orang tua saya, eh, tadi siang udah datang lagi kesana untuk acara yang sama. Terasa cepat sekali.

Seorang ahli pernah mengatakan bahwa gejala itu disebabkan banyak orang di dunia yang terus-menerus mengarahkan pikiran dan tenaganya ke masa depan. Akibatnya kecepatan kerja menjadi meningkat, rutinitas menjadi makin sarat, sehingga akhirnya secara psikologis kita merasa waktu berlalu makin cepat. Padahal kalau mau diukur secara akurat, ya tetap saja 1 menit adalah 60 detik, dan 1 tahun adalah 365 hari.

Untuk para spiritualis, waktu itu tidak ada karena yang ada hanyalah saat ini. Timeless realm, istilah mereka. Untuk para fisikawan, waktu itu secara matematis adalah satu bongkahan entitas dimana masa lampau, masa kini, dan masa depan terjadi secara serentak bersama-sama!

Karena waktu berkaitan erat dengan usia, maka mau tak mau dan malu tak malu, kita akan dipaksa menerima kenyataan bahwa seiring berjalannya waktu, kita pun makin menua. Kalau dulu masih berusia belasan, sekarang sudah dua puluhan, lalu tiba-tiba melesat menjadi 30 an, lalu tau2 sampailah usia 40 an dan seterusnya.

Maka pertanyaan berikutnya adalah: sudahkah kita menikmati hidup di jaman yang makin cepat ini?

Sent from my iPad

Posted in: Uncategorized