Tobat Ngerokok

Posted on October 14, 2015

2


Tobat Ngerokok

Empat hari yang lalu mendadak saya memutuskan untuk berhenti merokok. Waktu itu sedang jalan2 di MOG dan terpikir untuk membeli sebungkus Magnum Filter karena di rumah sudah habis. Entah kenapa akhirnya saya ndak jadi beli. Ya ndak beli gitu aja dan sampai di rumah ya ndak ngebul seperti biasanya.

Saya juga tidak tahu persisnya kenapa hingga detik ini saya sudah ndak ngerokok lagi. Mungkin pikiran dan tubuh masih mau, tapi Jiwa mengatakan wis berhenti aja lah. Lhoo, sebagai pembaca dan pengikut ajaran Tolle saya percaya sekali lho peran Jiwa dalam hidup saya yang justru lebih banyak bergelut dengan rasio, logika, dan tentunya pikiran.

Tapi tentu saja tidak mudah untuk mengatasi ‘kehampaan’ setelah habis makan itu. Dulu setiap habis makan saya selalu merokok, dan merokok lagi satu jam sebelum tidur malam. Sekarang setelah makan saya menunjukkan gejala sakaw. Saya harus menemukan pengganti almarhum rokok itu setelah makan. Apa? Ya harus sesuatu yang membuat saya lupa rokok. Apa itu? Ya sesuatu yang membuat saya harus fokus. Lha iyaa, terus apaaa iiii?? Caturan online!!

Entah Tuhan sedang kasih hadiah atau gimana, sejak mandeg ngerokok itu saya menang terus caturan online. Senang sih. Tapi saya sadar bahayanya. Biasanya kalau sudah gini, saya bisa tanpa sadar ndak mau terima kalau kalah. Biasa, ego memang kayak gitu. Maka hal yg seharusnya menyenangkan itu bisa jadi obsesi. Saya pernah kalah 1 kali jam 7 petang, dan akibatnya saya main teruuss sampai jam 1130 malam hanya supaya bisa menang. Tahu hasilnya? Kalah semua, hahaha!

Di DPR sedang ribut perkara penyusupan rokok kretek di RUU Kebudayaan. Beberapa konspirator tingkat tinggi yang mendukung industri rokok diam2 menyelipkan pasal tentang pengakuan kretek sebagai budaya Indonesia. Ini tentu saja membuat marah mereka yang anti rokok. Ya dilematis juga. Industri rokok kan harus diakui menyerap banyak tenaga kerja.

Ah, sudahlah perkara itu. Mau caturan aja. Tapi endak ah, takut kalah hahaha. Lha terus ngapain? Yah, blogging dulu laaah……enjoy ajaa….

Sent from my iPad

Posted in: Uncategorized