Antusiasme dan Berterima Kasih

Posted on August 17, 2015

0


Antusiasme dan Berterima Kasih

Menurut para spiritualis dan orang-orang bijak, ada dua hal dalam hidup ini yang selaras dengan Alam Semesta. KEdua hal itu adalah antusiasme dan rasa berterima kasih.

Antusiasme artinya bersikap penuh semangat dan bersuka hati melakukan apapun yang sedang dilakukan. Sekalipun mungkin itu pekerjaan yang rutin atau bahkan tidak enak, sikap antusias membuat kita tetap bersemangat dalam menjalankannya. Hal ini selaras dengan Alam Semesta karena alam pun sebenarnya antusias dalam menjadi (to become). Menjadi air, menjadi batu, menjadi udara, menjadi manusia, menjadi apapun selalu dilakukan Sang Alam dengan penuh antusias.

Sementara itu, rasa berterima kasih adalah sikap mensyukuri apapun yang sedang dialami atau sudah dimiliki. Para bijak itu mengatakan: ‘luangkanlah waktu untuk mengucap terima kasih, dan kamu akan mendapati ternyata begitu banyak hal yang kita patut berterima kasih atasnya’. Ya benar juga ya. Bahkan ketika sedang dalam suasana jalan macet pun, kalau kita sempatkan diri untuk berterima kasih, kita akan kurang lebih mengucap terima kasih sudah diberi mobil, sudah bisa mendengar, melihat, bisa makan cukup, bisa sehat (ya iya, kalau gak mana kita bisa nyetir), bisa mengalami, bisa melihat manusia lain, dan sebagainya masih banyak lagi. Dalam situasi yang biasa2 saja, kita berterima kasih sudah diberi nafas, bisa membaca blog, bisa menonton tv, atau bermain dengan teman, dan masih banyak lagi. Rasa terima kasih pun bahkan dalam batin kita yang terdalam bisa terucap ketika mengalami pemderitaan dahsyat: terima kasih sudah bisa mengalami hal seperti ini.

Demikianlah, jadi sudah tiga hal yang saya tulis yang selaras dengan Sang Alam Semesta: kreativitas, antusiasme, dan rasa terima kasih. Mungkin masih ada yang lain, biar saya renungkan dulu.

Sent from my iPad

Posted in: Uncategorized