Bagaimana Hadir Sekarang dan Disini

Posted on July 9, 2015

0


Anda mau merasakan keheningan yang waspada, tenang, nyaris tidak bergerak, dan sangat sangat luas itu?

Inilah yang bisa Anda lakukan:

1. Duduklah atau berbaringlah dengan tenang di suatu tempat yang sepi. Pejamkan mata, dan rasakan denyut jantung Anda; rasakan udara keluar masuk melalui hidung Anda; rasakan perut dan dada Anda mengembang ketika menarik nafas, dan mengempis ketika menghembuskan nafas.

2. Rasakan kedua tangan Anda. Rasakan kehadiran energi disana.

3. Rasakan kedua tungkai dan kaki Anda. Rasakan kehadiran energi disana.

Terus, terus, pusatkan perhatian Anda pada tubuh dan nafas Anda. Jangan memberi judgment (“nafasku pendek”; “kakiku bagus”; atau “ini apa2an sih?” dsb); jangan berpikir tentang masa lalu atau mau apa nanti atau besok. Kalaupun pikiran itu datang, akuilah, tapi lalu lepaskan . . . lepaskan . . . pusatkan perhatian pada tubuh dan nafas dan denyut jantung Anda.

Sadarilah bahwa energi yang memberi tenaga pada jantung, nafas, dan badan Anda adalah sumber yang yang sama dengan yang memberi tenaga pada makhluk-makhluk lain, tak peduli apapun pangkatnya, status sosialnya, jenis kelaminnya, rasnya, atau apapun yang fana.

Dengan demikian Anda telah mencicipi bagaimana rasanya bersatu dengan apapun yang ada, All That Is.

Ini cara kedua:

1. Pejamkan mata Anda.

2. Dengan segenap kesadaran, awasi pikiran Anda; awasi dengan sangat waspada pikiran apa yang akan muncul pertama kali di benak Anda. Awasi seperti halnya seekor kucing mengawasi dengan sangat diam dan tenang sebuah lubang tikus, menunggu tikus yang mau keluar.

Pada saat itulah Anda merasakan kehadiran the Being, yakni kesadaran yang maha dahsyat itu, yang tak pernah dilahirkan, tak pernah mati, tak punya awal, tak akan berakhir. Anda sadar, bahwa pada saat itu justru Anda tidak berpikir!

Kesadaran Anda bukanlah pikiran atau ego Anda. Pikiran dan ego bersifat sementara, sangat menghakimi, terbawa masa lampau dan masa depan, akan luruh, tidak kekal.

Kesadaran adalah sebaliknya: menerima, memaafkan, tidak menghakimi, dan hanya bisa dirasakan HERE and NOW!!

Jika Anda sadar, sejatinya tidak akan ada apapun atau siapapun yang bisa membuat Anda menderita.

You are with God.

Posted in: Uncategorized