Nyamuk Demam Berdarah dan One Direction

Posted on March 25, 2015

0


Berita di Kompas hari ini membuat saya tersenyum. Kagum sekaligus geli. Ini tentang upaya bangsa Indonesia memerangi penyakit Demam Berdarah (DB) yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk ini biasanya menggigit pada pagi dan siang hari, dan bisa menyebabkan panas dingin hebat sampai harus masuk Rumah Sakit. Tapi sekarang beberapa desa di Yogyakarta tengah mengembangkan penangkalnya. Caranya unik: telur-telur nyamuk AA itu disuntik dengan bakteri yang namanya Wolbachia. Ketika akhirnya menetas menjadi nyamuk, mereka yang sudah membawa bakteri itu hidupnya tidak lama, sehingga tidak sempat menulari manusia.

Nah, bakteri Wolbachia ini ukurannya lebih besar daripada alat tusuknya si nyamuk, sehingga dia tidak bisa meludahkannya keluar. Bwa hahaha! “Hmm, apaan sih ini kok ngganjel di mulut? Puah . . . puah! Cuih! Ah, sialan, gak mau keluar juga!” Bwa ha haaa!

Cerdik sekali ya?

Dalam waktu dekat di masa depan, jika upaya ini makin intensif dan makin meluas, jumlah nyamuk AA yang bisa menularkan virus DB akan berkurang, sehingga berkurang juga lah jumlah penderita DB.

Nah, ketika berdialog dengan seorang mantan mahasiswa pagi ini tentang hal tersebut, dia setengahnya memprotes: “Kenapa kok harus dibunuh begitu? Kan nyamuk makhluk hidup juga?”. “Lho, iya, tapi kan mereka menyebabkan manusia sakit DB?”. jawab saya. “Iya, tapi kan ndak semua nyamuk begitu.”

Hah? Saya pun melongo sebelum ngakak dalam hati. Lucu sekali jalan pikiran mahasiswa ini. Belum pernah seumur hidup saya berdebat dengan orang yang bisa menjawab seunik itu. Lha bayangkan, Anda sedang bersemangat membicarakan tentang bagaimana membasmi tikus yang merusak padi, ketika tiba-tiba seorang menukas: “Lho, tapi kan ndak semua tikus nya merusak padi?”. Mau njawab yak apa coba? Ha ha ha!

Ceritanya dia tuh pernah berpose dengan seorang gadis di Thailand. Lalu tersebar di berbagai media, dan pacaranya pun tahu, lalu cemburu berat.

Sek sek, ini masalah opo tho? Kok tahu-tahu lompat ke kisah tentang cemburu?

O alah, ini ternyata dah ganti topik. Sekarang topiknya tentang seorang anggota band One Direction yang namanya Zayn. Zayn ini sedang tur di Asia bersama keempat anggota lainnya, ketika tiba-tiba dia absen. Selidik punya selidik, ternyata dia stress berat karena sang pacar cemburu habis melihat posenya dengan seorang gadis di Thailand. Karena gak tahan stress, akhirnya dia terpaksa pulang ke negaranya di Inggris sana.

Ya begitulah. Cemburu itu bisa lebih merepotkan daripada sakit Demam Berdarah.

Posted in: Uncategorized