Menghapalkan 12 Karakter MaChung

Posted on February 9, 2014

2


Menghapalkan 12 Karakter MaChung

Universitas Ma Chung punya 12 karakter sebagai penjabaran visi dan misinya. Yang pertama adalah orisinal, yang kedua adalah….adalah….apa yaaa?

Nah, ternyata ndak mudah menghafalkan 12 kata yang mewakili 12 karakter tersebut. Ini bisa gawat kalau ada tim asesor datang dan bertanya ke salah satu Machungers: ‘sebutkan ke 12 karakter MaChung’ dan yang ditanya hanya hafal satu dua butir saja.

Saya punya teknik sederhana namun fun dan cukup efektif untuk menghafalkannya. Teknik ini saya sebut saja visualisasi ke dunia nyata. Berikut ini uraiannya:

Pertama, karena MaChung adalah kampus, saya bayangkan seorang mahasiswa. Dia bersiap pergi kuliah dengan pakaian yang berstyle ORISINAL. Mendandani dirinya secara orisinal berarti dia adalah orang yg KREATIF. Setelah siap, saya bayangkan dia lari mengejar angkutan kota dengan GIGIH. Di dalam angkot, dia menjadi orang yang RAMAH MENYENANGKAN terhadap setiap orang yang ditemuinya. Semua orang suka melihat gayanya yang DINAMIS.

Sudah berapa kata itu? Lima. Baik, saya teruskan visualisasi saya.

Sampailah si mahasiswa ini di kampus. Dia masuk kelas tepat waktu karena dia TERPERCAYA. Waktu kuliah, dia mampu BERSINERGI dengan teman2nya dalam group work. Prestasinya baik, tapi dia toh tetap RENDAH HATI. Waktu ditanya kenapa dia begitu rajin dan baik, dia bilang: ‘JUJUR aja, saya mau menjadi pria yang baik buat pacar saya si MERIT(okrasi). Buat dia, jam tangan emas merek CITIZEN(ship) ndak penting; yang penting adalah saya harus menjadi seorang pria yang BERTANGGUNGJAWAB dan karyawan yang PROFESIONAL.

Genap 12 karakter terangkum dalam visualisasi di atas. Efektif, bukan?

Kalau Anda jeli, di bagian akhir ada bagian cerita yang agak terkesan khayal atau mengada2. Lho justru disitu letak kekuatan teknik ini: semakin ‘gila’ atau tidak lumrah bayangan yang Anda ciptakan, semakin kuat dia dan semua atribut tadi melekat di benak Anda.

Maka, sekarang setiap kali ditanya apakah ke dua belas karakter Ma Chung, saya tinggal membayangkan visualisasi di atas, dan semuanya akan muncul satu persatu dengan relatif mudah.

Begitu.

Sent from my iPad

Posted in: Uncategorized