Siapa yang Bilang Gitu?

Posted on September 12, 2013

2


“Houston, we have a problem”.

Tahu nggak siapa yang mengatakan kalimat di atas itu? Ndak tahu? Payah lo, ha ha haa!

Kalimat itu diucapkan oleh seorang astronot di misi Apollo 13 ketika mendapati bahwa ada tabung yang ternyata bocor dalam perjalanannya ke Bulan. “Houston” yang dia sebut adalah pusat pengendali di Houston, AS, yang menjadi pangkalan sekaligus pemonitor misi itu dari sejak diluncurkannya sampai mendaratnya di Bulan dan kembali lagi. Peristiwa itu menjadi sangat monumental karena dalam perjalanan itu ketiga astronot AS itu berjuang antara hidup dan mati, mengerahkan semua kekuatan intelektual dan ketangguhan mental plus daya tahan fisiknya. Bahwa akhirnya mereka selamat mendarat kembali di Bumi (walaupun gagal mendarat di Bulan) adalah bukti ketangguhan luar biasa dan kerja sama yang hebat antara ketiga astronot itu dan orang-orang yang memonitornya dari Houston. Bayangkan saja, karena nyaris semua suplai daya terkuras untuk tetap mempertahankan kadar oksigen di dalam pesawat, Apollo 13 itu kembali ke Bumi hanya dengan kekuatan listrik seperti yang dipakai oleh lemari es ukuran kecil! Sedemikian hebatnya kisah itu sehingga difilmkan dengan Tom Hanks sebagai pemeran utamanya.

=====

“The Eagle has landed.”

Nah, kalau yang ini sumbernya dua: diucapkan oleh sekelompok serdadu yang bertugas menghabisi Perdana Menteri Inggris Winston Churchill di masa Perang Dunia II. “Sang Elang telah mendarat” adalah kata sandi untuk memberitakan bahwa pasukan itu sudah tiba di dekat lokasi tempat sang Perdana Menteri beristirahat.

Nah, sumber kedua masih berkisar pada misi Apollo. Kali ini kisah sukses Apollo 11 yang berhasil mendaratkan 3 orang astronot AS di Bulan. Modul pembawa ketiga orang itu adalah sebuah pesawat kecil yang dinamakan Eagle. Ketika pesawat itu akhirnya selamat mendarat di permukaan Bulan, seorang astronotnya mengucapkan kalimat terkenal itu: “The Eagle has landed”. Kalau Anda punya ingatan yang tajam tentang peristiwa bersejarah dunia, maka Anda pasti ingat juga ucapan terkenal dari sang komandan misi itu, almarhum astronot Neil Armstrong. Dia mengatakan: “A small step for a man; a giant leap for a mankind” yang artinya adalah “satu langkah kecil saja untuk seorang manusia, namun ini adalah lompatan raksasa untuk semua umat manusia”. Kata-kata ini menjadi sangat jleeeebzzz karena ketika mengatakan itu, Neil Armstrong sedang turun dari tangga pesawatnya untuk kemudian melangkah satu demi satu di permukaan Bulan!

====

“I was able before I saw Elba”.

Nah, kalau yang ini diucapkan oleh kaisar Perancis yang sangat terkenal sekalipun ukuran tubuhnya tergolong mungil: Napoleon Bonaparte. Ketika akhirnya berada di ambang kekalahan, Napoleon terancam akan diasingkan ke Pulau Elba. Namun dia tetap bersikukuh, dan terucaplah kalimat itu, yang artinya adalah: “Aku akan tetap mampu sebelum aku diasingkan di Elba”.

Yang menarik dari kalimat ini adalah pennggalan kalimat sebelum dan sesudah kata “before” ternyata bisa dibalik, dan kalau dibalik artinya menjadi sama seperti yang lainnya: I was able –> I saw Elba.

====

“Stay hungry. Stay foolish”.

Nah, keterlaluan kalau ndak tahu siapa yang mengucapkan ini. Anda mungkin sedang memegang salah satu produk buatannya. Ya betul, almarhum Steve Jobs. Dia mengatakan ini sebagai kalimat penutup pidatonya di depan para wisudawan Universitas Stanford. Pidatonya singkat saja, tapi bagus sekali. Dia berbicara tentang jalan hidupnya yang penuh liku namun ternyata mengandung banyak pesan untuk para perintis gagasan brilyan. Salah satu pesannya ya itu tuh yang dia ucapkan di akhir pidato: “tetaplah lapar akan pengetahuan; jangan berlagak sok pintar, tetaplah “bodoh” sehingga bisa belajar ilmu-ilmu yang baru”.

Masih banyak ungkapan-ungkapan figur maha dahsyat di panggung sejarah dunia yang saya ingat, namun rasanya akan menjadi terlalu panjang kalau saya tuliskan disini. Coba perhatikan beberapa yang saya tulis berikut ini dan coba tebak siapa pengucapnya:

“God doesn’t play dice”.

“Our job is to make a dent in the Universe.”

“Imagine there’s no religion.”

“I’m not a crook!”

“Ella, Ella, lama sabakhtani.”

Kalau Anda suka membaca biografi tokoh-tokoh ternama, ambil saja ungkapan-ungkapan terkenalnya. Dalam kalimat padat singkat yang mereka ucapkan tertanam satu pelajaran sangat bagus untuk diikuti dan diteladani.

Posted in: Uncategorized