Tips Mereview Artikel Jurnal

Posted on February 23, 2013

0


Tips Mereview Artikel Jurnal

Berikut adalah tips menjadi reviewer jurnal. Ladies and gentlemen, please welcome profesor Pa tri si uuuuussss! Jreng jreng!

1. Kuasai dengan baik bidang yang sedang menjadi topik dari paper yang direview.

Semakin banyak kita tahu bidang yang kita review, semakin cekatan kita melihat kelemahan sebuah paper dari segi bangunan teori atau latar belakang permasalahannya. Lihat pada bagian kajian teori dan cara penulis mengupas hasil penelitiannya. Kalau tidak dikaitkan dengan teori yang dipegang, tentunya bagian ini terasa seperti uraian pendapat penulis saja.

2. Kuasai metodologi penelitian

Sebagian besar paper adalah laporan hasil penelitian. Maka untuk mengkritisnya, kita harus tahu seluk beluk metodologi penelitian. Ini mencakup konsep tentang desain penelitian, teknik penggalian data, teknik analisis. Kalau Anda tidak paham, bisa2 Anda meloloskan paper yang secara metodologis ternyata sangat lemah. Saya banyak menjumpai kasus seperti itu. Misalnya, ngakunya berdesain eksperimental murni, ternyata tidak ada pengacakan dan tidak ada kelompok kontrol.

Perbarui juga pengetahuan Anda tentang metode2 terbaru, seperti mixed method.

3. Cermati keselarasan antara judul, tujuan penelitian, dengan metodologi penelitian dan pembahasan hasil.

Ini yang juga penting. Perhatikan apakah semua tujuan penelitian sudah digali datanya, dan apakah hasil analisis sudah dengan tepat menjawab semu masalah atau tujuan penelitiannya. Ada beberapa paper yang menjanjikan 3 masalah penelitian di bagian awal, tapi ternyata hanya 2 yang dijawab.

4. Cermati keterbaruan referensi.

Sebuah naskah untuk jurnal sebaiknya memuat minimal 10 referensi. Akan sangat bagus kalau sebagian besar adalah dari jurnal2 terbaru, setidaknya 12 tahun terakhir.

5. Selamat mereview!

Sent from my iPad

Posted in: Uncategorized