Yang Konyol dan Nggegemesin dari Film-Film

Posted on July 30, 2012

4


Kemarin saya sekeluarga nonton Batman di bioskop Mandala. Percaya tidak, terakhir kali saya nonton bioskop adalah tahun 1998, filmnya Waterworld yang dibintangi Kevin Costner. Itu berarti sudah 14 tahun yang lalu. Dus, siang kemarin saya dan istri menuruti rengekan si bungsu yang kepingin sekali nonton bioskop. Jadilah the Dark Knight Rises menjadi pilihan kami.

Pertama saya sudah membayangkan bahwa saya akan tertidur di gedung bioskop. Maklum, semakin “dewasa” saya (saya mau menyebut “tua” tapi nggak boleh, tabu katanya), saya semakin kehilangan minat terhadap film-film fiksi. Film Avengers yang heboh itu mah lewat aja dari perhatian saya. Tapi ternyata saya malah sangat meniikmati sajian film Batman ini. Gak tahu ya, mungkin karena tata suara dan gambarnya yang membuat sensasi menggelegar dan mencekam itu, atau mungkin karena kami duduk di kelas kambing (dua baris terdepan, paling dekat dengan layar). Hollywoood memang pinter membuat film. Ya gitu, sudah tahu kalau itu bohong-bohongan, saya kok ya masih seneng aja ya ngeliatnya.

Saya nggak mau cerita tentang manusia kelelawar ini. Saya hanya mau ngerasani hal-hal menggelikan dalam film-film terkenal. Salah satunya ya dalam film Batman kemarin itu. Lha kan ceritanya gini tho: ada bom nuklir yang sudah tinggal 2 menit lagi akan meledak menghancurkan seluruh kota Gotham. Batman akhirnya memutuskan untuk mengikat bom itu di mobil terbangnya, dan membawanya ke tengah laut supaya ledakannya tidak meluluhlantakkan kotanya itu. Eh, sudah siap-siap mau berangkat, Catwoman masih sempat menciumnya, dan merekapun berciuman bibir di depan bom yang terus berdetak itu. Udah gitu ciumannya lama lagi . . .hiiiiiihhh! Gemes saya melihatnya. Bukan gemes ciumannya (karena kalau itu pun sudah sering saya lakukan), tapi sebel karena bom sudah kurang dari dua menit mau meledak, kok ya Mas Kelelawar ini masih sempat ciuman gitu lhooo??!!! Ayo cepet itu dibawa bomnya keburu meledaaakk!

Untunglah Batman akhirnya sadar dan menghentikan French kiss yang pasti enak itu. Kemudian dia bergegas membawa bom nuklir itu dengan mobilnya dan terbang ke tengah laut untuk mati bersama-sama ledakannya. Fiyuuuh. . . . saya ikutan lega! Selamat sudah kota Gotham dari ledakan nuklir. Lha ya gitu, wong ya sudah tahu itu hanya bohong-bohongan, saya ya tetap tegang dan menikmati aja tuh. . . .

Di film “Ben Hur” tahun 1970 an, kan settingnya itu Romawi tho, jamannya sebelum Yesus lahir. Lha itu di salah satu adegannya ada yang aneh. Di layar terlihat tokohnya dan dua orang serdadu Romawi sedang berbicara. Di belakang mereka perbukitan dan padang pasir. Eh, tahu-tahu di kejauhan terlihat sebuah mobil sport Ferrari merah sedang melintas! Ha ha haaa! Lha sejak kapan ada mobil Ferrari melintas di jaman Romawi yang kendaraannya hanya kuda dan kereta? Pasti Ferrari kesasar itu, ha ha ha!

Di dunia film, adegan yang salah-salah dan menggelikan ini disebut “blooper”. Saya sering nemu di Youtube. Semuanya pasti membuat saya ketawa, karena adegan yang kelihatan menegangkan dan menguras emosi di layar sebenarnya itu ternyata di baliknya kadang penuh tawa dan kesalahan-kesalahan konyol yang kadang terikut ke film sebenarnya. Siapa mengira bahwa John Travolta dan Nicholas Cage pernah harus mengambil gambar berkali-kali karena ketika mereka berhadapan mau duel di film “Face Off”, salah satu ketawa geli sehingga rusaklah semua adegan menegangkan itu.

Jadi intinya: ayo kita menikmati saja dibohongi oleh sutradara, animator dan aktor Hollywood.🙂

Posted in: Uncategorized