Sedikit Fisika Waktu Renang dan Ngebut

Posted on July 29, 2012

0


Ini musim olimpiade. Salah satu cabang favorit saya adalah renang. Senang melihat perenang-perenang itu melesat di air. Nah, pernahkah terlintas di pikiran Anda kenapa perenang yang berada di lintasan tengah lebih sering menang daripada yg di lintasan ujung kiri atau kanan?

Jawabnya: karena perenang yang di ujung sering kebentur tepi kolam waktu berenang. Betul?

Salaaah! Ha ha ha!

Yang benar ini: perenang di lintasan tengah mengalami hambatan air yang lebih kecil daripada lawan-lawannya yang berada di ujung. Perenang yang di ujung harus berjuang lebih keras karena gelombang air yang dibuat perenang-perenang di tengah membuat hambatan air di jalurnya lebih kuat, sehingga mereka harus berenang lebih keras, dus juga lebih cepat payah, dan cenderung kalah. Begitu.

Lha, sekarang Anda mesti bertanya: gimana dong menentukan siapa yg di lintasan tengah, dan siapa yang di lintasan ujung. Nah, itu tergantung kecantikan atau ketampanan perenangnya. Semakin cantik dan semakin molek tubuhnya, semakin boleh dia menempati lintasan tengah.

Percaya? Ha ha haa! Itu mah jawaban ngawur abis, hua ha haa!

Nah, sekarang pindah ke lintasan balap. Kita tentu pernah melihat adegan kecelakaan hebat dimana sebuah mobil terlempar membentur tembok, kembali ke lintasan, dan beberapa detik kemudian ditabrak dengan hebatnya oleh mobil di belakangnya? Sekilas kita tentu mengutuk pembalap yang menabrak mobil itu. Kok jahat sekali sih, sudah tahu ada mobil sedang kecelakaan di depan, kok malah ditabrak? Ternyata jawabannya tidaklah sejahat itu. Dalam ilmu kinetik, sebuah mobil yang sedang melesat dengan kecepatan lebih dari 260 km per jam akan sangat sulit merubah jalurnya secara mendadak. Jadi, kalau Anda sedang menyetir mobil itu dan sedang melesat mengikuti lintasan kemudian tahu-tahu ada mobil di depan sedang melintang, Anda tidak bisa seketika membuang setir ke kanan atau kekiri untuk menghindarinya, karena momen kecepatan yg Anda alami tidak memungkinkan hal itu. Jadinya ya terpaksalah Anda tabrak mobil itu sambil berdoa semoga pengemudinya selamat.

Ketahuilah, kalau Anda sedang berlaga di lintasan mobil balap yang oval, kecepatan Anda bisa mencapai 320 km perjam!

Demikianlah sekedar ulasan amatir fisika tentang dunia olah raga.

Sent from my iPad

Posted in: Uncategorized