Anak Ma Chung Main Drama

Posted on July 29, 2012

0


Anak Ma Chung Main Drama

Hari Jumat yang lalu saya menjadi juri bersama dua orang rekan dari prodi Sastra Inggris. Bertiga kami duduk di depan panggung menikmati sajian sepuluh grup drama mahasiswa baru Ma Chung.

Pintar juga yang membuat acara ini sebagai bagian dari masa orientasi mahasiswa baru (maharu) ke universitas Ma Chung. Mereka harus menyajikan sebuah drama dalam durasi waktu 20 menit dan harus dalam bahasa Inggris. Jadi, selain mengasah kemampuan kerja sama, mereka juga harus menunjukkan kemampuannya berbicara bahasa Inggris.

Beberapa dari mereka membuat saya tanpa malu-malu lagi tertawa terpingkal-pingkal. Ada satu yang berperan sebagai guru, dan berbicara dengan bahasa yang kami sebut : ‘Javanese English’ karena, sekalipun sangat lancar, intonasinya benar-benar nJawani. Bunyi ‘r’ pada kata ‘teacher’ yang seharusnya dilafalkan dengan ringan bisa diucapkannya menjadi rolled r yang sangat kental: ‘ teacherrrrrr’. Ngakaklah saya.

Tokoh ini memerankan guru yang sangar tapi juga konyol. Setiap kali masuk dia hanya memberi tugas, lalu bilang: ‘ok, now I have to go because I am very busy, very stressed’ dsb, dsb. Suatu ketika, dia memberi komentar seorang muridnya: ‘Hmm,…handsome . . .but useless’. Kontan kami bertiga teRbahak-bahak. Jiambuu, itu benar-benar sodokan yang sangat lucu.

Lalu ada lagi yang memparodikan K Pop. Mereka membentuk boyband yang namanya ‘Suju’, singkatan dari ‘Super Juijiki’. Juijiki, dalam bahasa Malang diucapkan ‘njuijiki’ dan artinya adalah ‘sangat menjijikkan’. Ha ha haaa!

Ternyata main drama sulit juga, apalagi kalau sudah melibatkan pemain sebanyak itu. Kalau tidak kompak, alur yang seharusnya dramatis bisa kacau dan tersendat. Misalnya, ada seorang pemain yang ucapan dan ekspresinya sangat bagus, namun ternyata lawan bicaranya agak lupa kalimat yang harus dia ucapkan, sehingga alur langsung mandeg dan itu sangat tidak enak dilihat.

Alhasil, hari itu saya tidak kerja blas di kantor, padahal tugas masih banyak. Tapi saya senang ada variasi seperti ini, menikmati drama amatiran maharu Ma Chung. Semua senang di akhir hari.

Sent from my iPad

Posted in: Uncategorized