Evaluasi Kinerja Tahunan Fakultas

Posted on June 16, 2012

0


Evaluasi Kinerja Tahunan Fakultas

Akhirnya acara yang saya tunggu-tunggu sejak lama tiba juga: evaluasi tahunan kinerja fakultas. Difaslitasi DPM, acara ini merupakan ajang yang saya harapkan secara obyektif menilai kinerja unit yang telah dipercayakan kepada saya untuk saya pimpin.

Ternyata harapan saya terwujud. Sesi itu menjadi sangat berharga buat saya karena para pimpinan yang mengevaluasi fakultas saya memberikan komentar dan bahkan kritikan secara sangat terbuka, tidak sungkan, dan lugas, sekalipun tetap dikemas dengan bahasa tubuh dan ungkapan yang tetap menyemangati. Dari sejak awal saja sudah kelihatan bahwa saya perlu lebih banyak berbenah dalam perumusan visi, misi, sasaran, dan tujuan. Visi fakultas yang saya rumuskan secara agak tergesa-gesa dipepet akreditasi tahun lalu itu ternyata terlalu panjang; membacanya saja orang bisa kehabisan napas karena nggak ada komanya sama sekali di tengah untaian kalimat panjang itu. Habis gitu, misinya ndak kalah panjangnya, dan kurang menohok pada rumusan visinya. Yang lebih menyedihkan, saya kelupaan merumuskan sasarannya yang seharusnya juga mengungkapkan waktu pelaksanaan rencana yang telah disusun dalam tujuan. Konyol, tho?

Jadi evaluasi itu akhirnya menjadi ajang pengkritisian habis-habisan atas kinerja saya sebagai seorang pimpinan fakultas. Selain beberapa pencapaian yang cukup baik seperti penerbitan jurnal, pembentukan Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas, dan terjaganya perbaikan mutu berkelanjutan, ada beberapa hal mendasar yang juga ternyata masih luput dari sentuhan saya. Saya berterima kasih pada ketiga atasan saya dan DPM yang memfasilitasi sesi itu. Kan sudah saya bilang: buat saya, kritik adalah pupuk. Bau dan penampakannya memang tidak enak, tapi efeknya akan baik untuk pertumbuhan dan perbaikan unit saya.

Baik, tunggulah saatnnya nanti, wahai kawan. Saya akan langsung bergerak cepat untuk memperbaiki kinerja fakultas saya, dan akan saya buat kalian memberikan standing ovation manakala saya selesai menyajikan semua pencapaian saya.

Sent from my iPad

Posted in: Uncategorized