Pemimpin yang Tahu Diri

Posted on April 26, 2012

2


Pemimpin yang Tahu Diri

Pemimpin yang baik adalah yang tahu diri. Tahu diri artinya menjadi super sensitif terhadap pola kepemimpinannya dan bagaimana anak buahnya merespon gayanya tersebut. Tanpa harus menjadi sensi, dia harus legowo menerima kritik dari anak buahnya dan mau mendengarkan kritik itu serta secara selektif memilihnya untuk berubah ke arah yang lebih baik.

Pemimpin yang baik juga seharusnya tidak berpolitik, yang ujung-ujungnya melanggengkan kekuasaannya atau memuluskan agenda pribadinya. Pemimpin yang baik bahkan bersedia membentuk mekanisme kontrol dari pihak lain terhadap dirinya dan gaya kepemimpinannya.

Pemimpin yang baik juga harus sadar siapa yang mengantarnya ke puncak. Jika dia berada di puncak karena manuver sejumlah pihak yang dengan kekuatan dana dan pengaruhnya bisa mengatur semuanya dari balik layar, si pemimpin juga harus sadar hal tersebut. Dia harus sadar bahwa dia menjadi pemimpin bukan karena dipilih sebagian besar rakyat, namun karena manuver sejumlah pihak tadi.

Yaa, dia boleh berkilah bahwa dia menjadi pemimpin karena diingini oleh sejumlah pihak tadi, namun dia harus ingat bahwa kepemimpinan yang tidak mendapat tempat di hati rakyatnya juga tidak akan efektif. Bagaimana Anda bisa memimpin orang-orang yang sebenarnya tidak menghendaki Anda menjadi pemimpin mereka??

Pemimpin juga harus bisa tegas tanpa menjadi keterlaluan sehingga menyakiti banyak pihak. Kalau sekarang dia menyakiti, kelak dia pun akan disakiti. Itu sudah hukum alam.

Pemimpin yang baik sebaiknya membaca tulisan ini, dan . . .waspadalah!

Sent from my iPad

Posted in: Uncategorized