Feng Shui

Posted on January 30, 2012

0


Feng Shui. Apa yang terlintas di benak Anda ketika membaca “feng shui”? Mungkin Anda akan berpikiran ini: feng shui adalah ilmu klenik dan mistis, semata-mata mengejar kesejahteraan materi alias duit, sejenis agama baru.

Ternyata semuanya salah!

Feng shui itu, secara sederhana, dapat diartikan sebagai ilmu untuk hidup selaras dengan alam. Caranya adalah dengan melakukan upaya-upaya tertentu untuk senantiasa menyeimbangkan aliran energi dari angin, air dan tanah. Maka tujuan utamanya bukan menyembah sesuatu, namun menjadi sehat karena selaras dengan alam. Kalau hidup menjadi sehat karena selaras dengan alam, maka dampak positifnya adalah mampu bekerja keras untuk mendapatkan rejeki. Itu saja sebenarnya.

Maka, sah-sah saja orang dari etnis Jawa beragama Kristen mempelajari dan menerapkan ilmu feng shui dalam hidupnya. Para pakar fengshui pun berpendapat bahwa feng shui itu tidak terbatas pada ras atau etnis Tionghoa beragama Buddha atau Konghucu.

Ada beberapa mitos yang bahkan oleh para pakar feng shui pun dipertanyakan kebenarannya, karena terkesan mengada-ada dan malah menjelekkan reputasi feng shui yang sesungguhnya. Contohnya, ada pantangan kalau tidur tidak boleh menghadap arah tertentu, atau tidak boleh membelakangi pintu masuk. Kalau ini kan jelas, tanpa feng shuipun orang akan bisa menegetahui kenapa posisi ini tidak baik. Lha kalau tidur dengan kepala membelakangi pintu yang terbuka, kalau masuk angin bagaimana?

Untuk orang yang benar-benar menerapkan ilmu feng shui, mereka tidak segan mengeluarkan biaya puluhan juta rupiah. Kabarnya, ada satu pengusaha besar di Indonesia yang merasa tidak suka dengan letak jembatan busway tepat di depan kantornya, karena itu bertentangan dengan prinsip feng shui. Maka bim salabim! Dengan imbalan sekian puluh juta rupiah, pemda Jakarta pun dengan tanpa banyak cerewet memindahkan jembatan itu sehingga tidak langsung mengarah ke kantor sang pengusaha besar.

Demikianlah, sekelumit cerita tentang feng shui. Tertarik?

Posted in: Uncategorized