Post Humous: van Gogh dan Freddie Mercury

Posted on January 21, 2012

0


Post humous. Tau artinya? Kagak? Ya gak heran, ha ha haaa!

Post humous artinya menjadi terkenal setelah mati. Itu banyak terjadi dengan seniman-seniman besar yang karyanya menjadi sasaran pujian dan harganya bisa sampai milyaran, justru ketika dia sendri sudah mati. Contohnya Vincent van Gogh ( dibaca: “Van Hoh”). Semasa hidupnya, dia hanya dikenal sebagai pelukis biasa yang sering moody bahkan depresi. Ketika akhirnya masuk rumah sakit jiwa, lukisan-lukisannya belum dibicarakan orang; namun ketika dia dia sudah meninggal, barulah orang memperhatikan karya-karyanya dan merasa takjub luar biasa karena karya-karyanya yang memang indah.

Di dunia musik, orang pernah mengenal kejayaan grup band “Queen”, yang salah satu lagunya, “We are the Champions”, menjadi lagu wajib ketika acara Dies Natalis di UMC ketika MC membacakan nama-nama pemenang dan mahasiswa teladan. Pentolan grup band itu, Fredie Mercury, dikenal sebagai homo, bahkan biseksual, semasa hidupnya. Dia akhirnya meninggal karena kena AIDS. Sudah jodoh mungkin ya? Homo dan AIDS . . . .

Lepas dari aib itu, ketika dia sudah tidak ada lagi di dunia ini, justru banyak orang yang mulai mengagumi karya-karyanya. Lha buktinya lagu “We are the Champions” masih sering diputar mengiringi momen-momen kemenangan. Kalau Anda bertanya kepada rekan saya yang nama belakangnya adalah Ginting, dia pasti tahu, dan dia pasti tidak akan keberatan menyanyikan salah satu hits Queen yang judulnya “Bohemian Rhapsody”.

Hari-hari ini, ketika sedang istirahat dari pekerjaan di kantor, saya sering mendengarkan lagi lagu-lagu Queen dari Youtube. Yang paling menyentuh adalah ketika dia menyanyikan “The Days of Our Lives”. Penampilannya sudah sangat mengenaskan karena virus AIDS yang menggerogotinya; badannya kurus banget dan tampangnya jadi aneh.

Tapi toh dia menyanyi dengan prima. Suaranya tergolong bagus, kuat dan bening, tidak kendor pada nada-nada yang tinggi. Ini sebagian lirik yang seolah menggambarkan sejarah hidupnya:

“Sometimes I get the feelin’
I was back in the old days – long ago
When we were kids when we were young
Things seemed so perfect – you know
The days were endless we were crazy we were young
The sun was always shinin’ – we just lived for fun
Sometimes it seems like lately – I just don’t know
The rest of my life’s been just a show

Those were the days of our lives
The bad things in life were so few
Those days are all gone now but one thing is true
When I look and I find I still love you”

Posted in: Uncategorized