Merasa Hampa (2)

Posted on January 7, 2012

0


Karena penasaran dengan kisah hidup orang yang merasa hidupnya hampa, saya bertanya kepada Yahoo Ask. Ini adalah situs dimana setiap orang bisa menanyakan apa saja, mulai dari soal bagaimana memasang disk drive sampai ke apakah Tuhan itu ada atau hanya khayalan manusia. Pembaca yang lain yang kebetulan tahu jawabannya bisa menyumbangkan jawaban tersebut berdasarkan pengalaman pribadi atau hasil membaca. Saya sering menjawab pertanyaan-pertanyaan orang lain, tapi juga tak kalah seringnya bertanya. Nah, saya tanyakan begini: “kenapa ya ada orang yang merasa hidupnya hampa, padahal tidak kekurangan dari segi harta dan pendidikan?”

Jawabannya hanya satu, datang dari seorang Amerika yang nama screennya adalah XAlice. Ini jawaban dia:

“Mungkin masalahnya tidak terletak pada harta kekayaan atau tingkat pendidikan. Orang yang kamu ceritakan itu merasa hampa karena tidak punya teman dekat, atau seseorang yang benar-benar bermakna dalam hidupnya. Sulit untuk merasa bahwa kita dihargai kalau kita tidak mendapatkan dukungan yang membuat kita selalu punya semangat untuk hidup terus dan bahagia. Mungkin temanmu itu perlu dukungan seperti ini; mungkin dia perlu bantuan untuk mendapatkannya.”

Alice mendasarkan jawaban itu dari pengalaman pribadinya. Kalau itu benar, berarti apa yang dia sampaikan memang begitulah adanya. Pertanyaan saya terjawab. Orang yang merasa hidupnya hampa itu memerlukan dukungan seseorang lain. Tapi apakah dia selama ini tidak mendapatkannya? Mungkin juga sudah banyak yang mendukungnya, namun tidak sesuai dengan apa yang dia inginkan; mungkin juga dia dikelilingi banyak orang dan teman, tapi tak satupun yang perduli dengan masalahnya; atau mungkin dia yang terlalu tertutup untuk menceritakan kebutuhannya itu kepada teman-temannya.

Ini versi asli dialog antara saya dengan Alice di Yahoo Ask:

Someone I know was raised in a wealthy family, studying in a college with good grades, yet feeling empty in life; several times contemplated suicide. This person has lost trust and belief in God. What advice or treatment can help this person cheer up and see the bright side of life?

Ini jawaban Alice:

Perhaps it isn’t about the grades or money. Maybe she’s feeling empty because she lacks friendship, or meaningful people in her life. Sometimes, it’s hard to feel like you’re properly valued in the world when you don’t have the sort of support that keeps you going. Maybe she doesn’t have that sort of support, and needs help finding it?

Posted in: Uncategorized