Resolusi 2012

Posted on January 3, 2012

0


Saya tidak mau resolusi yang muluk-muluk. Cukup yang simpel namun bermakna untuk jangka panjang. Resolusi saya adalah kembali menjadi manusia biasa-biasa saja, alim, datar, tidak sensasional. Dalam prakteknya, ini berarti tidak memposting yang aneh-aneh melalui slah satu dari dua kepribadian saya, yaitu Enjoy Myself. Saya akan lebih banyak menyumbang pada wawasan orang lain melalui akun FB saya yang lebih alim: Patrisius Djiwandono.

Pada kenyataannya, sudah lebih dari dua bulan saya tidak pernah lagi melakukan apapun sebagai Enjoy Myself. Saya lebih banyak bicara lewat Patrisius Djiwandono. Saya ikut grup yang namanya Teacher Professional Development. Saya banyak belajar dari situ, dari rekan sesama Profesor, dari rekan guru SMA, dosen S1, bahkan mahasiswa. Saya senang kalau ada satu dua pemikiran yang saya ungkapkan di Wallnya kemudian mendapat banyak sambutan. Saya tidak keberatan ada yang mendebat, karena itu berarti pikiran saya dipaksa untuk tetap jalan tidak berpuas diri.

Resolusi 2012 adalah kembali menjadi manusia biasa yang sadar kesehatan. Maka sudah layak dan sepantasnya saya bersyukur karena saya bisa berhenti merokok. Tahun 2012 insya Allah saya bisa mengurangi bobot saya yang sekarang sudah mencapai 70 kilogram—alamaaaakk—melalui kegiatan berolah raga.

Tahun 2012 saya saya akan berusia 45 tahun. Beberapa orang mengatakan, “ah itu masih relatif muda”. Tapi ibu saya mengatakan, “kamu sudah mulai tua. Banyaklah mendekatkan diri kepada Tuhan dan mulailah bertobat.” Hmm . . . saya hitung-hitung, kinerja saya sebagai seorang akademis bisa diakui sampai usia 70 tahun. Selebihnya saya yakin saya masih bisa menyumbangkan cukup banyak karya dan pemikiran ke dunia pendidikan bahasa. Itu berarti masih sekitar 25 tahun lagi, bahkan lebih. Yah, kalau gitu saya memutuskan untuk tetap merasa masih muda aja dah.

Resolusi lainnya, apa lagi ya? Yah, tidak perlu dipikir sekarang. Masih ada waktu.

Posted in: Uncategorized