Malam Tahun Baru 2012

Posted on January 1, 2012

0


Entah kenapa malam tahun baru 2012 ini saya jadi sulit tidur. Setelah bercengkerama dengan keluarga dan adik yang datang mengunjungi, saya menghabiskan sisa senja main F1 di PS. Tak terasa dua jam berlalu main kebut-kebutan, lalu capek pun melanda, apalagi kalah melulu karena dasarnya saya adalah pembalap payah, maka permainan itu pun saya sudahi. Yah, ini akhir tahun. Tak ada salahnya seorang dosen yang sehari-hari bergelut dengan memberi kuliah dan penelitian main PS di malam pergantian tahun kan?

Sambil memandang langit malam yang dimeriahkan dengan letusan-letusan kembang api, saya ingat ada beberapa rekan dan kenalan yang pasti tidak bisa melewatkan malam ini dengan ceria. Keluarga almarhum William Wijaya pasti masih sangat berduka, juga keluarga mantan rekan kerja saya di DPM yang baru kemarin kehilangan sang ayahanda. . . . My prayers go with them.

Tahun 2012. Tak terasa satu dekade lebih telah berlalu sejak awal milllenium kedua di tahun 2000. Saya masih ingat pada tahun 2000 dunia dibuat resah oleh isu “Millenium Bug” yang konon bisa memacetkan sistem komputer di seluruh dunia karena perpindahan dari 1999 ke 2000 pada jam komputer. Ternyata isu itu tidak terbukti benar. Nah, sekarang di tahun 2012, dunia bertanya-tanya apakah benar tahun ini adalah tahun kiamat sebagaimana yang diramalkan oleh bangsa Maya? Banyak yang menertawakan isu itu, namun belakangan ini saya dengar mulai banyak orang yang kemudian mempercayai ramalan itu. Well, mari kita tunggu saja 13 Desember 2012.

Tahun 2012. Tahun Naga menurut kalendar Cina. Apakah makna tahun naga bagi seorang Pisces ber shio kambing? Jawabnya: tidak ada. Lha kok bisa? Ya, karena sang Pisces bershio kambing adalah makhluk yang hanya percaya kepada Yesus. Iya, lho, sungguh, saya sudah mempersetankan semua ramalan shio. Sepanjang tahun 2011, setiap kali ada masalah melanda atau harapan yang timbul tenggelam, yang saya sebut hanya nama Yesus; saya bahkan tidak tahu 2011 itu tahun apa menurut kalendar Cina.

Di RCTI ada siaran langsung sang Limbad yang “bangkit kembali setelah dikubur selama 12 jam”. Hebat juga manusia ini. Maksud saya : hebat juga teknik tipuannya, bisa membuat pemirsa merasa dia benar-benar luput dari maut. Bahkan mata saya yang awam pun bisa melihat bahwa itu hanya tipu-tipu belaka, soalnya raut wajah si Limbad tidak bisa mengelabui mata saya bahwa dia sebenarnya segar bugar, tidak sekarat seperti apa yang dipertontonkannya di layar TV.

Lalu saya sempat melihat biografi Steve Jobs di Discovery Channel. Salah satu petuahnya yang akan menjadi legenda: “Stay hungry, stay foolish”. Tetaplah merasa lapar, tetaplah merasa bodoh. Nasihat yang bernas, singkat namun padat makna, hasil tempaan pengalaman hidup dan pandangan seorang visioner yang karya2nya telah mengubah cara manusia berinteraksi. Hmm, sebentar, lapar akan apa, bodoh karena apa? Nah yang ini nanti saya tulis di posting berikutnya saja.

Selamat Tahun Baru 2012!

Posted in: Uncategorized