Menghindari Penghipnotis di Perjalanan

Posted on November 6, 2011

2


Setiap kali bepergian ke luar kota dengan angkutan umum, saya kadang-kadang menjumpai tingkah laku yang aneh dari beberapa orang. Semuanya pria. Tiba-tiba saja mereka mendekat kemudian bertanya: “Mau kemana, Mas?” atau pertanyaan remeh-temeh yang lain.

Kalau itu terjadi tiga puluh tahun yang lalu, saya akan memandangnya sebagai tindakan yang ramah. Orang itu mungkin mau memulai percakapan dengan saya sebagai sesama traveler. Tapi di jaman gila kayak gini di tahun 2000 an?? Jaman dimana penjahat punya seribu satu cara untuk memperdayai korbannya? Yah, saya lebih baik dianggap sombong daripada jatuh ke penipu-penipu macam gitu.

Aneh memang, pria bisa menyapa sesama pria. Ndak lumrah. Kalau saya ini cewek sedang traveling sendirian, saya maklum kalau mereka menyapa. Tapi saya ini pria juga, botak dengan tampang kucel dan serius ndak karuan, kok mau mereka menyapa? Pasti ada maunya, ya toh?

Pria pertama, seorang pemuda usia 20 an, tiba-tiba duduk di dekat saya dan mengatakan: “Panas ya, udaranya?”

Saya tidak menjawab.

Pria kedua, pria umur 35 tahunan, turun dari mobil travel dan bertanya kepada saya: “Toiletnya disitu ya?”, sambil menunjuk ke bangunan mirip bengkel di depan kami. Saya menunjuk dengan jari ke arah belakang, tempat ada sebuah dinding bertuliskan tulisan segede gajah: “TOILET”.

Pria ketiga seorang Bapak usia 50 an tahun, menyapa saya: “Bade tindak pundi, Mas?” (mau kemana, Mas). Saya menjawab: “Malang”, tanpa menoleh dan dengan nada yang mengatakan: “Get the hell out of my sight”.

Hmm, ya mungkin saja saya salah kira. Mungkin saja orang itu memang bermaksud mengajak kenalan tanpa ada maksud jahat mau menipu lewat hipnotis. Bapak yang tadi subuh menyapa saya itu kemudian beringsut pergi dengan bahasa tubuh yang mengatakan: “Wih, sombong sekali orang ini,” kepada saya.

Ha ha haaa! Ini jaman edan. Lebih baik saya dianggap sombong dan parno (paranoid), daripada menjadi korban kejahatan gendam atau hipnotis.

Posted in: Uncategorized