Mentoring tentang Karir dan Masuk ke Lingkungan Baru

Posted on September 23, 2011

0


Hari ini yang datang ke mentoring hanya dua mentee saya. Yang lainnya entah sibuk kerja, malas datang, atau sedang basket.

Kami bertiga membahas tentang rencana karir di masa depan, dan bagaimana menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru.

Kedua mentee saya itu belum punya rencana yang pasti tentang karirnya. Satunya pingin punya pabrik kabel, satunya belum jelas mau memilih jalur karir apa, tapi nampaknya kepingin bekerja di lingkungan pendidikan. Saya kira tidak realistis kalau saya memaksa mereka untuk menetapkan rencana karirnya dengan cepat dan pasti. Generasi muda jaman sekarang memang ndak bisa dipaksa langsung fokus pada satu sasaran kayak gitu. Kebanyakan dari mereka akan mengikuti saja mau kemana nasib membawanya setelah lulus. Mungkin seiring dengan berjalannya waktu, mereka akan menyadari sendiri lahan dan talentanya, kemudian bersinar makin lama makin cemerlang disitu. Yah, persis kayak saya sendirilah; waktu saya seusia mereka, saya juga belum punya bayangan jelas mau jadi apa. Sempat tertarik studi bisnis, tapi akhirnya batal dan tanpa terasa saya bertekun dan hidup dari dunia pendidikan. Siapa mengira bahwa saya sekarang seorang guru besar di bidang pendidikan bahasa?

Lalu kami berbicara tentang bagaimana menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja baru. Saya beri gambaran ke mereka empat jenis tindakan yang membuat sebal di tempat kerja tentang orang-orang baru:

1. Tidak mau mengajak kenalan lebih dulu; tidak mau menyapa duluan ketika bertemu di koridor.

2. Eksklusif; hanya bergaul dengan unitnya sendiri.

3. Belum-belum udah suka bergosip.

4. Tidak cekatan; lemot dan tidak mandiri.

Kedua mentee saya itu nampaknya sangat menikmati sesi mentoring. Ketika sudah buyar pun, yang satunya masih lanjut lewat sms sampai sore menjelang pulang, setengahnya gusar ketika saya menunda jadwal mentoring berikutnya. Ya sudahlah, saya happy saja, kan itu pertanda bahwa mentee-mentee saya merindukan sesi mentoring yang saya selenggarakan.

Posted in: Uncategorized