Mahasiswi Saya Menjadi Wakil Mahasiswa Fakultas

Posted on August 20, 2011

0


Ini adalah potret mahasiswa dan mahasiswi Sastra Inggris yang telah setuju untuk bergabung menjadi pengurus Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni. Foto ini diambil setelah kami rapat perdana tentang langkah awal yang akan mereka lakukan sebagai fungsionaris BPMF.

Langkah yang bagus. Di Fakultas lain, saya dengar BPMF nya belum terbentuk karena tidak ada mahasiswa yang berminat menjadi anggota BPMF. Entah ya, mahasiswa sekarang makin malas berorganisasi, atau suasana akademisnya tidak kondusif, atau memang sudah apatis. Yang jelas, itu tidak terjadi di Fakultas saya. Begitu saya menghimbau mereka untuk mencalonkan diri, langsung keempat mahasiswi dan satu mahasiswa itu mengajukan diri untuk menjadi pengurus. Dua mahasiswi lagi bergabung. Eh, masih ditambah lagi dua mahasiswa baru. Lengkap sudah. Delapan orang. Cukup lah untuk mewakili mahasiswa-mahasiswa Prodi.

Pada rapat perdana saya ungkapkan cara saya memimpin: “Saya tidak akan banyak mengkomando kalian ini itu,” kata saya. “Saya tipe pemimpin yang Tut Wuri Handayani, mengarahkan dari belakang dan sangat percaya pada potensi siapapun yang saya pimpin. Kalian sudah dewasa. Sekarang coba kalian katakan bagaimana kalian akan memulai langkah awal untuk membuat organisasi ini mulai berjalan.”

Diam sejenak. Lalu satu persatu mulai mengungkapkan gagasannya. Ada yang mau memulai dengan angket, ada yang lebih suka sosialisasi dengan mahasiswa-mahasiswa lain, dan sebagainya. Nah, kan, apa saya bilang? Mereka sebenarnya punya potensi, punya gagasan-gagasan bagus, tinggal menunggu dipicu saja oleh Dekannya.

Hmm, serasa mentoring saja sesi rapat tadi itu. Ya, mungkin juga mirip dengan mentoring, karena apa yang saya lakukan adalah membuat mereka sadar akan tanggung jawabnya, membuka ruang untuk dialog, memacu semangat dan memonitor dari belakang.

Nah, di foto itu yang mahasiswa adalah Dian Permana. Di sebelahnya adalah Agnes (dia ini seorang model), yang paling tinggi itu Kintan, lalu Meike, lalu Sylvia (kalo gak salah ini anak bimbing PA saya), dan disebelahnya Maya. Nanti dua lainnya yang menyusul adalah Albert dan Stevan.

Posted in: Uncategorized