Merrieling tentang Kehidupan

Posted on July 26, 2011

3


oleh Merrieling (mantan mentee saya, mahasiswi Manajemen angkatan 2008).

Begitu sering kita dengar kata “kehidupan” dan begitu gampang kita mengerti arti itu. Tetapi terkadang sebuah kata itu dapat memberikan berbagai macam pengertian dan makna bagi tiap orang. Begitu banyak pengertian yang tercipta dengan satu kata itu dan memberikan sebuah pembelajaran bagi manusia yang menjalani.

Begitu panjang sebuah perjalanan kehidupan seseorang, dimulai dari dia lahir sampai dia meninggal.

Begitu banyak kejadian yang mungkin terjadi selama waktu itu dan begitu banyak pembelajaran yang dapat diterima. Dan dalam semua pembelajaran tersebut menjadi sebuah pengalaman yang berharga bagi kita untuk dapat mengerti bahwa kehidupan yang dijalani setiap orang tidak sama dan memiliki banyak macam liku-liku yang harus dilalui.

Dalam sebuah proses pertemanan kita mungkin dapat menemukan berbagai macam masalah dan mendapat pelajaran yang berharga entah dengan masalah atau dengan kegembiraan dalam suatu pertemanan. Dalam hal pekerjaan kita mungkin kita telah melakukan sesuatu yang terbaik menurut kita tetapi bisa saja itu masih kurang dan berbagai macam kasus dalam pekerjaan yang mungkin dapat terjadi. Dalam keluarga bisa saja kita berada dalam keluarga broken home atau keluarga yang tidak mencintai kita, begitu banyak juga masalah yang mungkin dapat terjadi dalam kehidupan seorang manusia.

[Komentar saya: ya, betul. Makanya bayi yang baru lahir akan menangis karena dia tahu hidupnya selalu penuh masalah. Satu selesai, muncul satunya lagi. Di Buddha kan ada konsep ‘dukkha’ ya? Intinya: hidup ini memang duka. Yang penting adalah bagaimana menjauhi masalah dan tidak mengadopsi gaya hidup yang menimbulkan masalah]

Tapi dengan semua masalah yang kita hadapi kita selalu berusaha mencari pemecahan untuk masalah tersebut. Dan dengan berbagai macam masalah yang telah dilalui membuat kita menjadi manusia yang kuat dan tegar menghadapi berbagai cobaan hidup. Kita sering melihat atau mendengar orang lain memiliki sebuah masalah dan kita merasa masalah itu bisa saja kecil atau besar tergantung siapa yang mengalami dan bagaimana orang tersebut mengatasi masalah tersebut. Mungkin bagi yang pernah mengalami berkata itu hal kecil tetapi bagi seseorang yang tidak tahan terhadap sebuah cobaan maka itu akan menjadi sebuah masalah yang besar.

[Komentar saya: Yang kalimat terakhir itu saya setuju sekali, Merrie]

Sebuah masalah pasti akan ada dan kita harus siap menyelesaikannya satu demi satu. Jangan pernah ikut campur dalam masalah orang lain jika tidak ingin mendapatkan masalah yang sama. Setiap orang memiliki beragam masalah dan dengan berbagai cara untuk menyelesaikannya. Kehidupan tetap mengalir bersama dengan masalah yang akan selalu mengikuti.

[Komentar saya: Ikut campur lain dengan membantu, kan, ya, Mer? Kalau menurut saya, ikut campur memang jangan, tapi kalau kita bisa membantu, dan memang dimintai bantuan, ya wajib membantu mencarikan solusi. ]

Posted in: Uncategorized