You Can’t Hurry Love

Posted on June 13, 2011

2


Dear Confused,

Kamu tidak bisa memburu-buru perasaan. Logika dan nalar bisa dipacu, tapi jangan harap bisa melecut perasaan menjadi senang, benci, sayang atau biasa saja.

Maka ya sudah benar kamu berkali-kali bilang kamu bingung atau kamu ragu. Ya, memang, dalam satu tahap hidup akan ada yang namanya blessed confusion: kebingungan yang terberkati. Kebingungan itu terberkati karena memang tidak ada jalan lain selain bingung atau ragu, dan kedua karena dari kebingungan itu akan muncul bibit-bibit pencerahan yang berangsur-angsur membawamu pada suatu jalan keluar.

Dua orang sedang berperan besar dalam hidupmu. Satu adalah teman lamamu yang ingin menjalin lagi hubungan khusus denganmu, satunya lagi adalah seseorang yang sudah kamu anggap sebagai guru dan ayahmu. Kepada si teman lama kamu merasa biasa-biasa saja, kepada sang guru kamu merasa sangat nyaman, sangat menyukainya, dan sedikit banyak merasa takut jika dia suatu saat pergi meninggalkanmu.

Satu hal yang logis adalah melihat apakah si mantan itu mempunyai sifat-sifat yang sama yang kamu jumpai dalam diri si gurumu itu. Semakin sama kemiripan sifatnya, semakin mudah kamu menerimanya kembali dalam suatu hubungan khusus. Sebaliknya, semakin tidak mirip sama sekali, semakin lama kamu terdiam tidak bisa menentukan sikap. Kamu bisa saja memaksa dirimu untuk menyukainya; tapi seperti yang sudah kutuliskan di atas, perasaan tidak bisa dipaksa. Sekali kamu memaksanya, setelah kekuatan paksaan itu habis, kamu akan kembali mendapati dirimu merindukan figur sang guru itu.

Jadi bagaimana? Ya, seperti sudah kukatakan di atas: berilah waktu untuk kebingungan dan keraguan untuk beberapa lama. Akan baik jika esok hari ternyata sang ragu itu sudah pergi dan kamu memutuskan sesuatu. Namun jika sampai bulan bergantipun kamu masih terdiam termangu-mangu, ya sudah, tunggulah sampai ada satu momen entah kapan yang membuat sang ragu dan sang bingung akhirnya bosan menempati dirimu dan keluar dari kamu begitu saja.

Posted in: Uncategorized