Puncak-Puncak Pembekalan Diri dari Mentoring 2011

Posted on June 9, 2011

0


Hari ini saya mentoring lagi. Cuma tiga yang datang: Pamela, Ivanna, dan Imawan. Ndak papa, 3 pun jadilah. Pertama kami main tembak tepat dengan pistol mainannya anak saya yang bungsu. Lalu kami sharing tentang banyak hal: musik favorit, pedoman hidup, tatto dan tindik, air soft gun, magang, dan lainnya.

Ringkasan mentoring semester genap 2010:

1. Apa yang kalian hadapi di masa depan tergantung pada upaya kalian di masa kini. Masa kini adalah hasil dari masa lalumu, dan masa depan tergantung pada bagaimana kamu membentuknya saat ini.

2. Punyailah pegangan. Pegangan tidak harus Tuhan sebab saya tahu ada yang tidak percaya Tuhan (dan saya juga tidak mau memaksanya). Tapi yang jelas kalian harus punya pegangan hidup. Itu bisa berupa orang yang diteladani, prinsip-prinsip yang ditanamkan orangtua, atau nilai-nilai yang selama ini kalian percaya benar. Pegangan atau pedoman ini membuat kalian tetap teguh dan kokoh di tengah kegagalan, kesedihan, kekecewaan, kejenuhan, atau kebingungan.

3. Kendali diri sangat penting, terutama ketika menghadapi situasi yang kacau, yang cenderung membuat emosional, panik, atau marah. Satu detik saja kendali diri hilang, dampaknya bisa berlangsung satu bulan, satu tahun, atau one life time!

4. Rasa malas itu wajar, namun harus ada upaya sekuat tenaga untuk mengenyahkannya. Pekerjaan berat akan menjadi ringan kalau tidak dikerjakan. Lhoo?? Ya, itu prinsip yang salah. Yang benar adalah: “pekerjaan berat akan mulai menjadi ringan ketika mulai dikerjakan sedikit demi sedikit.”

5. Kalian bebas melakukan apa saja yang kalian mau, atau mengekspresikan diri melalui berbagai cara. Tatoo, tindik, cat rambut, pakaian dan sebagainya, itu adalah sarana yang kalian bisa pilih sesuai kehendak hati. Hanya satu yang kalian harus ingat: apapun yang kalian lakukan dengan berbagai cara pengungkapan diri, ingatlah bahwa orang-orang sekitar juga akan mempunyai persepsinya sendiri terhadap citra kalian sebagai mahasiswa.

6. Mainan tembak tepat tadi mengajarkan 3 hal: tetapkan sasaran, konsentrasi dan fokus, ingat bahwa lingkunagn sekitar juga akan mempengaruhi hasilmu, dan sesuaikan taktik kalian dengan hasil yang baru saja dicapai.

Terima kasih sudah menjadi mentee-mentee yang menyenangkan. Selamat berlibur, selamat magang, dan selamat menjalani kehidupan dengan segala suka dan dukanya. God bless you all.

Mentormu,

Patrisius

Posted in: Uncategorized