Kharisma

Posted on June 7, 2011

3


Apa itu kharisma?

Ini adalah pertanyaan yang saya lontarkan ke grup Machungaiwo di Facebook. Saya ingin tahu bagaimana teman-teman disitu (well, lebih tepatnya: mahasiswa-mahasiswa saya) mendefinisikan kharisma.

Shanty mengatakan : It’s like charm, something that draws people attention without effort”.

Dan dia meneruskan : I think when u working at ur office,, u look so burdened.. but u have karisma when u teach us, or made us do soething in class hehehe

Ardine menambahkan: “Kharisma itu sesuatu yang bisa membuat orang lain menghormati orang tersebut hanya krn melihat dia.”

Saya bertanya lebih dalam : “Jadi apa yg membuat seseorang punya kharisma? Gelarnya? Potongan tubuhnya? Suaranya? Tatapan matanya?”

Dan Adelia menjawab: “Auranya”.

Saya pun menegaskan : “Ooh, berarti kharisma bisa fluktuatif dong? Kan aura juga berubah-ubah tergantung suasana hati dan jiwanya?”

Diskusi terhenti sampai disitu. Rupanya mereka sudah puas menjawab. Jadi kurang lebih kharisma itu sama dengan aura. Hmm. . . . saya masih punya sedikit keraguan sebenarnya. Saya masih berpendapat bahwa kharisma lebih langgeng daripada aura.

Apakah kharisma berarti sesuatu pesona yang tidak bisa dibuat atau sengaja diciptakan, karena sudah merupakan pemberian dari Tuhan? Ya, bisa jadi. Tapi itu berarti kabar buruk untuk orang-orang yang ditakdirkan tidak berkharisma. Mereka pasti sulit menjadi pemimpin.

Shanty dan Adel bilang saya kelihatan tidak berkharisma sama sekali ketika mengerjakan tugas-tugas di kantor. “Kelihatan terbebaaan, gitu,” kata Shanty. Sebaliknya, mereka bilang saya kelihatan berkharisma ketika mengajar mereka di kelas, seperti yang Shanty tulis di atas.. Benar tidaknya? Wallahualam.

Almarhum pembalap F1 Ayrton Senna pernah dikatakan sebagai manusia yang berkharisma besar. Buktinya, begitu dia masuk ruangan, semua yang ada di ruangan itu yang tadinya sedang berbicara mendadak diam. Lha ini aneh. Saya juga sering mengalaminya kalau yang ini. Tapi saya kira itu bukan kharisma, itu karena saya memang dikenal sebagai pendiam dan sangat serius. Begitu.

Jadi apakah kharisma itu?

Posted in: Uncategorized