Sudah Saya Duga . . .

Posted on May 9, 2011

0


Seperti sudah saya duga, menjelang kampanye mendadak hits di blog ini melonjak gila-gilaan. Kalau biasanya hanya 20 an, dua hari ini tidak pernah kurang dari 40 an; tiga hari yang lalu malah mencapai 89 hits!

Emangnya apa sih yang dibaca orang-orang ini? Siapa mereka?

Seperti sudah saya duga, menjelang pemilihan Lecturer of the Year dan konco-konconya itu, mendadak posting berjudul “Ciri-Ciri Dosen of the Year 2010” langsung menduduki peringkat pertama dalam posting yang paling sering dibaca.

Apanya yang mau dicari di tulisan itu? Rahasia menjadi dosen of the year? Ya, kan nggak ada rahasia. Kunci semuanya sudah jelas: kerja keras dan fokus tak tergoyahkan pada Tri Dharma perguruan tinggi, kecepatan, kualitas pemikiran, dan yang terpenting adalah: kemauan untuk belajar dari orang lain, dan menerima kritik demi perbaikan pribadi.

Kalau ada saja yang masih meragukan kualitas dosen of the year ini, coba saya berikan wawasan ini: prestasi itu berbanding lurus dengan prestasi di luar kampus. Coba lihat, orang-orang yang pernah memenangkan gelar internal itu kebanyakan juga meraih berbagai prestasi di luar kampus: WS menulis banyak buku, sekarang ke Jepang studi Doktor, AT studi S3, LLM dapat hibah kompetensi, dan saya sendiri menerbitkan buku di Jerman dan mendapat gelar Guru Besar. Jelas, bukan, bahwa gelar Dosen of the Year itu juga bukan main-main atau sekedar manipulasi sana-sini?

Anyway, kampanye sudah dalam hitungan hari. Saya sudah bersiap-siap, ndak pingin menang, hanya pingin merasakan asyiknya berkompetisi aja.

Posted in: Uncategorized