Renungan Malam tentang Dia

Posted on January 31, 2011

2


Saya sedang merenung tentang manusia-manusia yang tidak percaya pada Tuhan. . . .

Ternyata manusia-manusia itu banyak yang baik juga. Mereka ramah. Mereka perduli orang lain. Mereka tidak konfrontatif. Mereka tidak suka menyakiti orang lain. Kadang heran juga: darimana mereka bisa mempraktekkan hal-hal baik itu ya, kalau percaya Tuhan saja tidak, baca Kitab Suci juga pasti tidak pernah, apalagi mendengarkan khotbah rohaniwan? Dari mana?

Suatu ketika saya sedikit bertengkar dengan seorang teman yang atheis. Saya berprasangka bahwa dia selalu punya pikiran buruk tentang saya. Dia membalas dengan mengungkapkan apa yang selama ini dia pikirkan tentang saya. Saya terkejut. Ternyata semuanya baik, tidak ada pikiran jahat tentang saya. “Aku ndak pernah punya pikiran buruk tentang orang lain. Tapi coba lihat dirimu! You harbor ill thoughts about me! Is that what your God teaches you to do??”. Saya mampus seketika mendengar kalimat itu . . .

Tapi ternyata ada juga manusia-manusia yang sesat sak sesat-sesatnya. Percaya Tuhan tidak, beragama juga tidak, berkelakuan baik juga tidak. Lah, terus darimana orang seperti ini bisa menjadi baik ya? Tapi Tuhan memang Maha Kuasa abiss. Selalu saja ada peristiwa yang membuat manusia jenis ini terbentur-bentur pada pengalaman yang pahit, yang kejam, yang dahsyat. Aku pikir semua itu karena Tuhan mengasihinya, namun setengahnya Dia tidak rela kalau manusia seperti ini harus mengalami pelajaran hidup yang manis. Maka jadilah dia dibentur-benturkan ke pengalaman-pengalaman yang sebenarnya didesain untuk membuatnya sadar akan hukum hidup. Persis seperti guru yang membentur-benturkan kepala seorang anak nuakal luar biasa ke tembok supaya si anak segera sadar.

Saya sangat percaya pada Tuhan, sekalipun mulai resah tentang agama. Saya sangat percaya pada Tuhan, pada Yesus, pada KasihNya yang luar biasa tak terperi. Itu juga mungkin yang membuat saya selalu menerima pelajaran hidup dengan cara yang indah, manis, sweet, . . . .

Posted in: Uncategorized