Kisah Disa dan Nino

Posted on January 14, 2011

0


Ini adalah cerpen yang ditulis oleh seorang mantan mentee saya. Karena rendah hati, dia tidak mau namanya disebut. Yang jelas dia seorang mahasiswi Ma Chung. Cerpennya berkisah tentang dua anak muda bernama Disa dan Nino. Khas anak muda yang sedang merajut cinta. Saya bilang: “cerpenmu kurang seru konfliknya,”, dan dia mengatakan ingin nulis lagi. “Lain kali saya bikin lebih seru, deh, Pak!” katanya. Yah, semoga:

===================================================

Suatu pagi yang cerah terdengar suara yang begitu ramai di sebuah rumah. Suara itu berasal dari rumah keluarga Hendrawan. Keadaan itu telah terjadi berpuluh tahun yang lalu. Keluarga Hendrawan memiliki 5 anggota keluarga yaitu tuan Hendrawan, nyonya Vina, serta Boim,Rista dan Nino. Saat ini didalam rumah itu hanya ada Nyonya Vina, Tuan Hendrawan dan Nino.Boim memilih tinggal diluar negri untuk melanjutkan pendidikannya dan bekerja disana. Rista sudah bekerja dan menjadi wanita yang sangat mandiri.

Nino adalah anak kuliahan yang baik meskipun dia tidak sepintar kedua kakaknya dia tetap berusaha memberikan hasil yang maksimal. Nino kuliah di sebuah perguruan tinggi negeri yang cukup terkenal. Dengan kesibukannya dalam organisasi maupun kegiatan kampus dia tetap memperhatikan keluarganya. Buatnya keluarga merupakan yang utama dibandingkan dengan segala macam urusan kampus. Sejujurnya Nino kadang bosan dengan segala macam rutinitas kampus yang dia ikuti tetapi Nino selalu mengambil sesuatu yang positif dari yang ia lakukan.

Seperti biasanya Nino selalu melewati hari-harinya di kampus. Tetapi hari ini dia tidak bersemangat. Dan hal ini terbaca lewat raut wajahnya yang muram. “no, km knp sih hari ini?”tanya doni,teman baik Nino dikampus. “ga tau nih,lagi ga semangat aja.”jawab Nino. “aku balik dulu ya”kata Nino sambil berjalan menuju mobilnya.

Terdengar suara barang jatuh disamping Nino dan langsung Nino menoleh ke arah suara itu. Ternyata buku-buku Disa terjatuh,dengan sigap Nino mengambil buku-buku yang jatuh dan memberikan buku itu pada Disa. Disa hanya tersenyum dan mengucapkan terima kasih lalu dia berjalan pergi.

Tanpa disadari sebenarnya Disa dan Nino sering memikirkan kejadian tersebut. Namun keduanya hanya menjadikan itu rahasia. Pada suatu siang saat jam istirahat kuliah Nino dan Disa berpapasan dan mereka hanya saling tersenyum. Tetapi sejak saat itu Nino berusaha mencari tau tentang Disa. Nino akhirnya mengetahui bahwa Disa hanya hidup berdua dengan kedua orangtuanya. Dan Disa berusaha membantu kedua orangtuanya dengan beasiswa sehingga kuliahnya tidak membebani kedua orang tuanya.

Nino berhasil mendekatkan diri dengan Disa. Dia mulai sering bertemu dengan Disa baik didalam kampus maupun diluar kampus dan mereka juga sering berkomunikasi dengan sms. Kedekatan Disa dan Nino diketahui oleh orang tua Disa, kedua orang tua Disa dapat menerima Nino dengan baik. Tetapi hubungan Disa dan Nino disembunyikan dari orang tua Nino. Nino takut jika kedua orangtuanya tau tentang hubungan mereka, hubungan mereka akan ditentang. Hubungan Nino dan Disa sudah berjalan 1 tahun sampai akhirnya suatu ketika orang tua Nino tanpa sengaja mengetahui hubungan mereka.

Tuan Hendrawan dan Nyonya Vina merasa Nino sudah berbohong selama ini dan mereka tidak suka dengan Disa,karena mereka menganggap Disa hanya memanfaatkan Nino. Suatu hari saat sedang bersantai Nino diinterogasi oleh kedua orangtuanya tentang hubungannya dengan Disa. Nino akhirnya mengaku dan berusaha membuat kedua orangtunya agar dapat merestui hubungannya dengan Disa. Namun kedua orang tua,ya malah memberikan peringatan keras pada Nino untuk tidak melanjutkan hubungannya dengan Disa.
Nino yang selama ini selalu menurut kepada ornagtuanya mulai bersikap menentang. Nino merasa kedua orangtuanya tidak adil,menurutnya Disa adalah pilihan terbaiknya. Dengan bermacam cara Nino dan Disa berusaha untuk tetap berhubungan sampai akhirnya ornag tua Nino melakukan cara kekerasan. Tanpa sepengetahuan Nino kedua orangtuanya telah menyiapkan kelanjutan kuliahnya di luar negri bersama Boim. Suatu hari setelah pulang kuliah Nino dijemput dan langsung diantar ke bandara untuk langsung pergi ke luar negri. Nino dengan segala macam usahanya telah berusaha untuk bisa lepas dari kepergiaanya namun semua itu gagal.

Nino memang diluar negri tapi hubungannya dengan Disa tetap berjalan lancar. Disa dapat menerima keadaan Nino yang berada jauh. Disa tahu pengorbanan Nino sudah sangat besar untuknya. Nino berjanji akan kembali setelah menyelesaikan kuliahnya. Kedua orangtua Nino tidak mengetahui bahwa Nino dan Disa tetap berhubungan.

Setelah kuliahnya selesai Nino segera memutuskan untuk kembali dan segera menemui Disa. Keputusannya untuk memilih Disa memang tepat karena Disa dapat menerima segala keadaan Nino walaupun Nino tahu Disa sebenarnya sudah hampir menyerah dengan hubungan mereka. Sekembalinya dari luar nergi Nino langsung bertemu dengan Disa dan Nino dapat membuktikan kepada kedua orangtuanya bahwa Disa bukan seperti yang mereka kira karena Disa sekarang juga merupakan seorang yang sukses dalam karirnya. Akhirnya kedua orang tua Nino dapat merestui hubungan Disa dan Nino…
===========================================

Post-note: saya tidak menyangka ternyata mantan mentee ini bisa dan suka nulis. Dulu waktu jadi mentee saya cewek satu ini pendiaaam sekali. Tapi anehnya, dia suka menyapa saya lewat YM atau FB, dan kalau udah ngobrol di situ jadi rame, bahkan nggak sungkan gojlok-gojlokan sama mantan mentornya.🙂

Posted in: Uncategorized