Belajar Bijak dari Sang Pemburu dan Serigala

Posted on December 29, 2010

0


Seorang pemburu diam-diam mengamati seekor serigala yang kedua kaki depannya sudah buntung sehingga dia hanya bisa diam di sarangnya. “Tanpa bisa kemana-mana untuk mencari makan, sudah pasti si serigala itu akan mati kelaparan” demikian pikir si pemburu. Tapi tidak. Menjelang sore, tiba-tiba datang seekor singa besar. Di mulutnya dia menggondol seekor mangsa yang sudah diterkamnya. Dia duduk di dekat serigala, menyantap bagiannya dari mangsa itu, dan menyisakan cukup banyak daging untuk sang serigala. Sang serigala pun makan dengan lahapnya, lalu berbaring kembali.

Demikian terjadi berulang-ulang selama beberapa hari berikutnya. Sang serigala yang lemas menanti ajal, dan sang singa selalu datang dengan sedikit santapan untuk menyambung hidupnya.

“Hmm. . . “ pikir sang pemburu. “Enak benar menjadi sang serigala itu. Mungkin aku bisa menirunya. Kalau aku hanya berbaring saja tanpa perlu susah payah berburu, pasti akan ada seseorang atau sesuatu yang akan menyediakan makan bagiku. Kalau serigala saja dipelihara seperti itu, apalagi aku yang manusia ini.”

Maka dia pun berhenti berburu, dan hanya berbaring diam tidak melakukan apa-apa. Demikian sampai hari silih berganti, minggu menjelang, bulan berganti, namun ternyata tidak seorang pun yang memberinya makan atau menolongnya.

Ketika tubuhnya sudah seperti tengkorak saking kurusnya, dia pun sekarat. Di tengah sekaratnya, tiba-tiba didengarnya sebuah Suara berbisik di telinganya: “Hei, manusia bodoh, kau seharusnya meniru sang singa itu, bukan malah bersikap pasrah seperti si serigala malang itu!”

Pertanyaan utk direnungkan:

1. Ketika sampai di tengah bacaan itu, sudut pandang manakah yang Anda ambil? Si serigala, sang macan, atau si pemburu?

2. Pernahkah Anda merasa seperti si serigala itu? Kapan itu terjadi dan apa yang selanjutnya terjadi?

3. Apakah Anda ingin menjadi seperti sang singa itu? Jika ya, apa yang bisa Anda lakukan?

Selamat menjalani hidup dengan lebih bijaksana!

Posted in: Uncategorized