Insomnia dan Saya

Posted on October 20, 2010

7


Saya insomnia. Itu mah udah cerita lama. Saya sudah mengalami keanehan itu sejak masih kuliah di bangku S1. Rupanya banyak juga yang mengalami gejala yang sama. Buktinya MTV bikin slot acara khusus untuk para insomniac. Film-film bagus yang kadang-kadang mengilhami posting blog saya juga diputar pada jam-jam insomnia.

Saya lebih tahu lagi ada beberapa pembaca blog ini yang juga insomnia. Karena di blog saya ada Feedjit, saya tahu pada jam-jam hantu gentayangan itu (sekitar jam 12 malam sampai 3 pagi) ada saja yang mengakses blog saya. Kalau nggak 4 ya sekitar 5 orang, dan herannya, addressnya sama. Ini pasti kalau gak ‘stalker’ (penguntit) dunia maya, agen CIA, atau mungkin sekedar pembaca yang sudah suka membaca blog ini dan menjadikannya pelipur lara di kala insomnia mendera.

Rekan-rekan saya yang sedang studi di luar negeri juga kadang-kadang membaca blog ini. Korea, Jepang, Jerman, bahkan Inggris. Staf atau dosen di UMC? Saya nggak tahu kalau itu, dan nggak mau tahu. Mahasiswa saya? Yaah, mungkin nggak juga. Mentee saya? Ya, yang jelas Bio dan Pamela suka mampir. Yang lucu adalah Merrieling: waktu masih jadi mentee saya, dia nggak tahu blas bahwa ada blog si mentornya ini. Saya dorong-dorong untuk membaca, dia bilang: “entar aja. Males”. Eh, begitu sudah nggak jadi mentee, dia malah sering membacanya, dan bahkan memberikan beberapa komen. Life is funny, sometimes🙂.

Terus saya ngapain ya kalau insomnia. Ada yang bilang: “Ooo, makanya jadi Profesor, lha wong kalau malam malah nulis banyak.”. Salah total! Saya bukan tipe pekerja malam. Kalau sedang insomnia, jangan bayangkan saya lalu menulis artikel atau membaca paper. Kebanyakan sih, saya membaca buku-buku spiritual, atau nonton TV yang saya pilih film horor atau film drama mencekam (dan kalau jam segitu biasanya TV penuh dengan acara itu), kalau enggak ya saya terbawa lamunan, entah mau kemana, mikiri what is behind all this life? Where am I going? What am I doing? dan seribu satu pertanyaan eksistensial lainnya . . .

Wih, udah jam berapa ini? Astaga, jam 8 pagi kurang 5 menit! Sudah lama sekali saya insom sejak kemarin, sampai sempat bikin satu posting ini. Mandi dulu? Terlambat. Ya wis lah, langsung aja kerja dan nanti ngajar Research Technique di kelasnya Bio, Ivanna dan Stella . . .

Posted in: Uncategorized