Hidup Untuk Apa?

Posted on November 21, 2009

0


by PID

Seorang mantan ketua Prodi yang sekarang sudah tidak lagi menjadi Ma Chunger pernah menceritakan joke ini kepada saya:

Pasien: “Dokter, saya kepingin hidup lama sampai tua. Apa yang harus saya lakukan?”

Dokter: “Tunggu, saya tanya dulu. Anda minum minuman keras?”

Pasien: “Tidak”.

Dokter: “Anda merokok?”

Pasien: “Tidak.”

Dokter: “Anda suka pesta atau having fun di mall-mall, cuci mata dan—“

Pasien: “Tidak.”

Dokter: “Anda main wanita? Atau berjudi?”

Pasien: “Tidak juga.”

Dokter: “Yaaah, lha terus apa gunanya Anda mau hidup lebih lama??”

Saya tertawa tentu saja. Keras. Terbahak-bahak. Tapi sesaat kemudian saya jadi termenung. Di balik guyonan nakal itu tersembunyi pertanyaan yang mengusik: sebenarnya kita ini hidup untuk apa sih?

Kalau kita mau hidup lebih lama, apa misi di balik keinginan itu? Apakah karena kita takut mati? Karena kita tidak pernah tahu apa yang menunggu di balik sana setelah nafas, denyut jantung dan fungsi otak berhenti?
Atau karena kita punya keinginan menikmati hidup senikmat-nikmatnya, seperti yang ditanyakan Dokter edan itu di atas?

Atau karena kita punya keinginan memperbaiki apa yang belum benar, menyumbang pada apa yang masih kurang, dan meluruskan apa yang masih bengkok-bengkok dalam hidup kolektif dengan 8 milyar manusia lain di Bumi ini?

Saya juga tidak tahu. Jawaban satu orang dengan orang lain bisa berbeda-beda. Mungkin juga jawabannya tidak senantiasa tunggal dan ajeg. Bisa saja di masa mudanya seseorang adalah hedonis sejati, main minum nge seks gak karuan, tapi kemudian pada suatu titik menjadi sadar akan tujuan lebih tinggi daripada sekedar memuaskan syahwat dan perut, dan kemudian berubah menjadi seorang tokoh panutan.

Satu hal yang sangat saya yakini, bahkan imani (bicara tentang iman berarti saya tidak perlu repot menunjukkan bukti), adalah bahwa ketika nafas kita dihembuskan pertama kali oleh Sang Pencipta, Dia juga membisikkan suatu pesan: “You are here on a mission!”.

Selamat mencari dan mencari dan mencari dan akhirnya menemukan misi yang dititipkan Sang Pencipta itu dalam hidup ini!

Posted in: Uncategorized