Kreatif Memasarkan Produk (1)

Posted on November 20, 2009

0


Alkisah, ada 3 orang mahasiswa berprestasi yang diberi kesempatan dan dana besar untuk menciptakan suatu produk dan memasarkannya. Target yang dipatok adalah volume atau jumlah penjualan produk mereka tersebut. Mereka bebas untuk menempuh berbagai cara dalam memasarkan produknya.

Mahasiswa pertama membuat komik online dan memasarkannya lewat Internet. Setelah nyaris setahun, omzetnya masih sangat tipis. Dia sudah kelelahan: “Payah, nih, penetrasi Internet di Indonesia belum merata dan ini membuat pemasaranku seret!”

Mahasiswa kedua sedikit lebih cerdik dan tidak percaya akan kekuatan dunia maya. Dia lebih mengutamakan pendekatan personal lewat tatap muka dengan segmen pasar yang diarahnya lewat berbagai sesi. Tak lupa dia merekrut teman-teman dan membentuk berbagai jaringan untuk meluaskan pasarnya. Setelah nyaris setahun, dia nampak megap-megap. “Wah, payah iki, penjualanku tidak seperti yang kuharapkan; padahal produk buatanku menawarkan manfaat yang luar biasa! Huff, huff , huff!”

Mahasiswa ketiga . . . . (bersambung ke http://patrisius.wordpress.com).

Posted in: Uncategorized