Ma Chung di Mata Mereka

Posted on October 25, 2009

3


oleh Patrisius

Hari Minggu kemarin saya mewawancara beberapa belas calon mahasiswa dari sebuah SMA swasta sangat kondang di Malang. Pada pertanyaan “mengapa kamu ingin kuliah di Ma Chung?”, beberapa dari mereka memberikan jawaban yang membuat saya ‘merinding’:

Kata yang satu, “Saya punya beberapa kakak kelas yang kuliah di Ma Chung. Menurut mereka, kuliah di sana itu memang pada awalnya terasa berat karena banyak tugas dan kuliahnya nggak pernah bolong. Tapi setelah semester kedua dan ketiga, ternyata mereka terbiasa dengan semua itu. Dan setelah dilihat-lihat, pada akhirnya tugas-tugas yang berat itu banyak gunanya.”

Jawab yang lain, “Orang tua saya dulu lulusan SMA Ma Chung. Menurutnya, kalau di universitas lain kamu diajari jadi karyawan atau ikut orang, di Ma Chung kamu akan ditempa supaya bisa menjadi bos, atau membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.”

Tanggapan satunya lagi, “Banyak kenalan saya bilang di Ma Chung itu dosen-dosennya berkompeten. Dan katanya, pengajaran di Ma Chung itu enak.”

Satunya lagi tak mau kalah, “Ma Chung itu satu-satunya perguruan tinggi yang melatih tiga bahasa: Indonesia, Inggris, dan Mandarin. Kan jarang sekali yang seperti ini? Itu sebabnya saya tertarik untuk kuliah di Ma Chung, soalnya disana akan diajari ketiga bahasa itu.”

Ok, that’s it. Jadi itulah pesepsi lulusan-lulusan SMA ini tentang Ma Chung. Well, apalagi yang bisa saya katakan, selain , “Ayoo, ayo, Ma Chung, nama kita sudah berkibar-kibar di kalangan anak SMA. Buktikan bahwa mereka memang tidak salah memilih untuk kuliah di Ma Chung!! Tancap gas poll!”

Posted in: Uncategorized