Tentang Medium dot kom

Februari 15, 2018

4

Akhir pekan adalah hari literasi buat saya. Itu artinya, sepanjang hari Sabtu dan Minggu saya akan asik di depan laptop untuk membaca atau menulis. Bukankah literasi tidak hanya sebatas membaca, tapi juga menulis? Menulis apa? Ya menulis apa saja yang layak dibaca orang dan syukur kalau bisa memperkaya wawasan mereka atau membuat otak kram karena […]

Ditandai: , ,
Posted in: akademik, humanity, menulis

Betapa Beruntungnya Bisa Berbicara Lebih dari Satu Bahasa

Februari 14, 2018

2

Berapa banyak bahasa yang Anda bisa ujarkan? Saya hanya bisa bahasa Jawa, sedikiiit Madura, Indonesia, dan Inggris. Menurut sebuah artikel yang ditulis oleh seorang ekonom di Medium.com, semakin banyak bahasa yang dikuasai oleh suatu bangsa, semakin bagus kondisi ekonominya. Swiss yang penduduknya bisa 4 bahasa (Jerman, Perancis, Italia dan Romansh), mempunyai GDP yang lebih tinggi […]

Posted in: akademik, bahasa

Kenapa Vero Tega Menduakan Dilan

Februari 4, 2018

4

Di jaman gila ini, yang waras akan berkata: “memang jaman sudah edan”. Yang percaya bahwa hidup hanya simulasi komputer akan berkata “yah, memang sudah dimaui begitu sama gamernya. Kita nikmati saja.” Yang (masih) percaya Tuhan akan menggumam: ‘Tuhan tidak tidur. Keadlian pasti datang dan yang bersalah akan dilaknat api neraka”. Yang percaya bahwa hidup tidak […]

Ditandai: , , ,
Posted in: humanity, Pernikahan

Kemana Setelah Mati

Januari 28, 2018

2

Spiritualis Rupert Spira menjelaskan dengan elok jawabannya atas pertanyaan seorang pemirsa: kita kemana setelah mati?   Tubuh, ego, dan pikiran yang kita punyai adalah sesuatu yang terbatas (finite). Sementara itu, energi yang memberi  kehidupan pada tubuh, ego, dan pikiran itu sifatnya tak terbatas (infinite). Ia selalu ada dan tak pernah mati, tak pernah dilahirkan dan […]

Parallel Universe

Januari 24, 2018

2

Bayangkan kita punya kelereng bernomor 1, 2, dan 3. Berapa kombinasi yang bisa kita dapatkan dari rangkaian kelereng itu? Ada 1, 2, 3, lalu 1, 3, 2, lalu 2, 1, 3 dan seterusnya sampai akhirnya semua kombinasi urutan sudah terjadi. Kalau semua sudah terjadi, lalu bagaimana? Ya kembali lagi ke 1, 2, 3, bukan? Dan […]

Terbang dan Kagum

Januari 11, 2018

0

Saya selalu kagum melihat pesawat terbang. Benda seberat ratusan ton gitu kok ya bisa mumbul terus terbang tinggi di langit. Apa yang Anda pikirkan ketika berada di pesawat? Sebagian besar mungkin agak ngeri-ngeri enak, sebagian lagi ndak perduli, dan sebagian kecil seperti saya selalu tertarik pada benda ciptaan manusia-manusia cerdas itu.         […]

Posted in: Nyantai, traveling

Jalan-Jalan ke Hong Kong dan Macau

Januari 9, 2018

3

Awal tahun 2018, saya sudah tidak lagi memberikan jawaban mengenaskan “ndak kemana-mana” ketika ditanya “liburan ini kemana?”. Awal tahun ini saya dan keluarga berkesempatan jalan-jalan ke Hong Kong dan Macau. Di bulan Januari, cuaca disana masih dingin dan kadang-kadang berangin. Suhu antara 16 sampai 20 derajad Celcius jadi kita lebih baik sedia payung kecil dan […]

Posted in: humanity, traveling

Kelemahan dan Kekuatan Generasi Millennial

Januari 2, 2018

0

Generasi Millennial adalah mereka yang dilahirkan antara awal 1990 an sampai awal dekade 2000 an. Pada saat ini, mereka sudah berusia antara 13 tahun sampai sekitar 30 an tahun. Seiring dengan berjalannya waktu, generasi ini makin matang dan mulai memegang posisi dalam berbagai bidang pekerjaan. Ibarat sebuah kapal, kita sedang secara berangsur-angsur menyerahkan kemudinya kepada […]

Posted in: humanity, pendidikan, profesi

Ramalan Zodiak tahun 2018

Januari 1, 2018

2

Ini adalah posting pertama di tahun 2018 maka sudah layak dan sepantasnyalah kalau saya mengucapkan: Selamat tahun baru 2018. Mari kita menjadi manusia yang makin bijaksana, dewasa, dan . . . smart. Caranya adalah dengan tidak mengulang-ulang kesalahan yang sama, sebab masih banyak kesalahan lain yang belum dicoba”. Bwahaha!   Anda mau tua atau muda, […]

Outbound dan Barbecue di Dusun Sahabat Alam

Desember 30, 2017

0

Daerah perbukitan Tawangargo menyimpan potensi wisata alam. Salah satu lokasi yang menyediakan wisata serupa itu adalah Dusun Sahabat Alam (d’sa). Dikelola oleh adik ipar saya, Andreas Sutjahjo (Yoyok) dan iparnya, mas Catur, tempat yang terletak di Dusun Lasah (sekitar 7 km dari Batu)  itu memang tumbuh dari lahan kosong sekitar  7.5 hektar menjadi arena outbound […]

Posted in: Nyantai, traveling

Empat Cara Menghindari Keracunan Media Sosial

Desember 29, 2017

0

Pertama, berpikirlah kritis. Jangan mudah terhanyut oleh kabar sensasional yang menggugah emosi. Tak jarang, semakin emosional sebuah berita di media sosial, semakin kuat kecenderungannya untuk membuat Anda emosional, lalu marah, sedih, minder, atau berpikiran negatif lain yang ujung-ujungnya membenci orang lain. Cek sumber lain, tetap tenang, jangan mudah terprovokasi oleh kabar-kabar di medsos, seberapapun meyakinkannya […]

Posted in: humanity

Ternyata Hidup Kita Hanya Simulasi

Desember 22, 2017

5

Kalau ada seseorang yang mengatakan bahwa Anda hanyalah sebuah robot yang dikendalikan oleh seorang programer nun jauh di belahan bumi lain disana, apakah Anda terima?   Tentu sulit menerimanya. Wong selama ini kita dibesarkan dengan dogma bahwa Sang Penciptalah yang menciptakan kita dan kita dikaruniai kehendak bebas (plus syarat dan ketentuan berlaku sebab kalau lepas […]

Posted in: humanity, spiritualitas

Pesta Promo Diskon Natal

Desember 19, 2017

0

Hal apakah yang langsung terbayang di benak Anda ketika membaca tulisan “Natal”? a. Kelahiran Yesus b. Diskon besar di mall c. Ke gereja d. Menyumbang ke anak yatim Jawaban yang benar adalah a, tetapi yang lebih benar adalah b. Komodifikasi. Menurut bang Wiki, komodifikasi adalah tindakan memperlakukan sesuatu hal (barang, ide, jasa) sebagai komoditas. Komoditas […]

Posted in: Agama, humanity, Nyantai

Nasihat Surga dan Neraka Untuk Generasi Penerus

Desember 13, 2017

0

Suatu kala menjelang rasa jengah, jenuh, dan gundah melanda karena menunggu kiamat tidak datang jua, seorang tuwek berpesan kepada anak-anak muda di sekelilingnya: “Nampaknya kiamat tidak jadi datang. Dulu katanya tahun 2012, sampai sekarang kok kita ndak meleduk juga. Sangat mungkin kita ini tertipu hoax. Tapi mumpung kita masih hidup dan kalian semua masih muda, […]

Ditandai: , ,

Wikileaks dan Bisakah Anda Menjaga Rahasia

Desember 11, 2017

2

Saya penasaran dengan apa yang disebut sebagai Wikileaks. Namanya saja sudah melecehkan: wiki yang bocor. Kalau bocornya sekedar atap sih ndak masalah, tapi ini yang dibocorkan adalah rahasia kita, rahasia kamu, rahasia saya, bahkan rahasia negara! Koreksi: kalau hanya sekedar rahasia orang ecek-ecek macam saya dan Anda Wikileaks ya ndak akan repot-repot membocorkan. Mau bocor […]

Ditandai: ,
Posted in: humanity

Menjadi Katolik dan Lalu Berpikir

November 24, 2017

2

“Kalau Anda datang ke suatu acara, mengangkat biskuit di pring Anda lalu mengatakan ‘inilah tubuh Elvis Presley’, maka Anda adalah orang gila. Tapi kalau Anda datang ke suatu ritual, dan seorang pemimpinnya mengangkat remah roti lalu berucap ‘inilah tubuh Yesus”, maka Anda adalah orang Katolik”. Ujaran di atas diucapkan seorang pemikir bernama Sam Harris. Ujaran […]

Posted in: Agama

Ketika Kaum Ateis Ditanya Orang BerTuhan

November 24, 2017

2

Sebuah pertanyaan di Quora dot kom menggelitik saraf saya dan mungkin juga Anda pembaca: “Pencapaian apa yang telah dibuat oleh kaum ateis dalam sains, bahkan ketika mereka tidak bisa membuktikan bahwa Tuhan tidak ada?”   Jawabannya berikut ini: “Hahaha, pertama2 terima kasih karena telah membuat saya terbahak-bahak dengan pertanyaan Anda. Ok, pertama: ateisme tidak ada […]

Ditandai: , ,
Posted in: Agama

Gigih

November 19, 2017

0

Salah satu nilai baik yang saya tanamkan di kalangan mahasiswa untuk semester ini adalah kegigihan. Orang gigih tidak mudah menyerah. Walaupun nilai kuis besar pertama ajur, harus gigih berjuang kembali supaya kuis besar berikutnya bisa mendapat lebih baik.   Ternyata beberapa mahasiswa membawanya sampai ke hal lain. Ada beberapa orang yang tidak bisa ikut kuis […]

Ditandai: ,
Posted in: akademik

Cina Sipit

November 18, 2017

2

Ya, memang sipit, terus kenapa?? Itu yang seharusnya dikatakan oleh rakyat Tiongkok ketika model terkenal Gigi Hadid secara mboh kamsud (tidak jelas maksudnya) menyipitkan matanya dalam suatu sesi pemotretan. Kontan potret itu menyulut kemarahan rakyat Tiongkok. Walhasil, ketika Gigi Hadid sudah bersiap-siap untuk melenggang sexy di catwalk Victoria’s Secret di Beijing, mendadak dia memutuskan untuk […]

Ditandai: , ,
Posted in: humanity

Bully

November 15, 2017

6

“Daya beli melemah. Daya bully menguat”. Mungkin itulah yang sedang terjadi di dunia kita dewasa ini. Sementara harga listrik merangkak naik, BPJS defisitnya sampai milyaran dollar, dan pegawai-pegawai kantoran pada digusur oleh kecerdasan buatan, bully di sosial media makin menjadi-jadi. Bahkan para petinggi di lembaga saya sampai menyediakan waktu khusus untuk memberi pengarahan kepada siswa-siswanya […]

Ditandai: , ,
Posted in: humanity

Kenapa Keluar dari Grup WA

November 3, 2017

0

Kata-kata “grup WA” (grup Whatsapp)  bisa membuat beberapa orang memasang muka nyeri, atau tampang tapres, atau tampang berbinar-binar, atau tampang nggomblohi. Yang tampang nggomblohi biasanya generasi jadul yang masih serba canggung dalam mengoperasikan berbagai fungsi komunikasi di gadgetnya. Saya juga nggomblohi setahun yang lalu setelah beberapa rekan menyebut “ayo kita chat di grup WA” karena […]

Posted in: humanity, Nyantai

Kreatif Menghindari Pemanasan Global

Oktober 25, 2017

0

Kadang-kadang kreativitas muncul ketika kita terdesak oleh situasi yang kurang menguntungkan. Pada jaman iklim kacau dan Bumi semakin panas ini, sementara berbagai bangsa di dunia sibuk berunding untuk menurunkan tingkat emisi karbondioksida, rakyat jelata menunggu dengan harap-harap cemas. Sebagian cuek, sebagian khawatir, tapi sebagian lagi seharusnya menjadi kreatif. Mengapa tidak mendirikan usaha konsultan gaya hidup […]

Posted in: humanity, Teamwork

Mantan

Oktober 24, 2017

0

Mantan, menurut definisi KBBI, adalah “sejenis bekantan”. Ya, benar sekali. Dulu waktu masih menjadi kekasih pastilah kelihatan seperti putri atau pangeran berlumur cinta. Namun setelah berpisah dan menjadi “bekas pacar”, mendadak rupanya berubah jadi kayak bekantan. Akan makin parah lagi kalau ternyata sang mantan sudah mendapat jodoh dan jodohnya ternyata lebih jelek daripada kita. Pastilah […]

Ditandai: , ,
Posted in: humanity, Pernikahan, sex

Kenapa Taksi Online Bakal Menggilas Taksi Biasa

Oktober 22, 2017

0

Ini adalah posting ringan dan mungkin juga dangkal. Jadi kalau panjenengan tipe pembaca serius yang mengharapkan bacaan dalam dan berbobot monggo kula aturi minggat kemawon cari bacaan lain. 🙂   Jadi pertanyaannya adalah kenapa taksi online (taksi daring) akan menggilas taksi konvensional?   Jawabannya singkat saja: karena manusia (baca: pelanggan) ingin bepergian dengan  nyaman.   […]

Posted in: humanity, traveling

Gara-gara Tuhan Jodohku Tak Kunjung Datang

Oktober 21, 2017

2

“Jodoh ada di tangan Tuhan.” Itu adalah kalimat khas orang-orang beragama. Biasalah, orang-orang seperti itu kalau udah bingung atau frustrasi menghadapi suatu gejala hidup yang tak kunjung jelas jawabnya pasti lalu akan mengatakan bahwa semuanya itu (mungkin) masih dipikir-pikir oleh Tuhan.   Dulu pernah ada gosip yang mengatakan bahwa jumlah wanita di dunia ini lebih […]

Ditandai: , , ,
Posted in: humanity, Pernikahan, sex

Priming

Oktober 21, 2017

0

Suatu ketika, kepada sekelompok murid diberikan latihan-latihan kalimat. Kalimat-kalimat itu mengandung kata-kata seperti “kota tua”, “lelah”, “menua”, “layu” dan sejenisnya. Dua jam setelah itu mereka pun selesai dan keluar ruangan. Mereka berjalan dengan lambat dan menunjukkan perilaku seperti orang tua yang sudah rapuh, lemah dan tidak bersinar.   Kepada kelompok murid lain diberikan juga latihan-latihan […]

Posted in: humanity

Kanibal Bal Bal Bal

Oktober 10, 2017

0

Kanibal. Sebelum membaca posting ini pastilah kalian merasa gilo (=agak ngeri dan jijik) membaca kata “kanibal” itu. Eh, emang apa sih yang terbayang di benak kalian ketika membacanya? Kalau saya mah terbayang kursi-kursi yang agak rusak atau mobil dan tank yang beberapa komponennya agak rusak lalu diambilkan komponen dari kursi dan mobil/tank yang masih bagus. […]

Ditandai: , , ,
Posted in: humanity, makanan

Throwback ke Masa Ganteng

September 29, 2017

0

Ini adalah foto saya di tahun 1988. Ternyata saya pernah ganteng juga ya? Yah, kata siapa ganteng? Ya katanya saya sendiri dan minimal ibu saya lah. Bwahaha.     Tahun 1988. Saya masih 22 tahun. Itu berarti seumuran dengan mahasiswa saya di semester 4. Saya bayangkan ruang waktu 1988 sedikit mengsle lalu saya terlempar ke tengah-tengah mereka […]

Posted in: akademik, kampus

Berpisah dan Bertemu

September 28, 2017

2

“Life is a series of hellos and goodbyes. When it’s time to say goodbyes, let only the best memories remain.”   Kalimat pertama adalah penggalan lirik lagunya Billy Joel di era 1980 an. Kalimat kedua adalah bikinan saya sendiri.   Dalam hidup, kita pasti menyaksikan orang-orang yang datang ke dalam kehidupan kita, dan juga orang-orang […]

Posted in: goodbye, humanity

Membaca dan Berbagi di Kelas

September 27, 2017

0

Kelas Extensive Reading (ER) di Prodi Inggris sebagian besar diisi dengan laporan per mahasiswa kepada dosen tentang buku yang telah dibacanya. Sekilas terkendali dan individual, namun komentar dari salah satu dari mereka menyadarkan saya: “Pak, kelas ER menyenangkan sih, tapi kalau bisa ada variasinya, jadi nggak hanya melaporkan secara individu ke dosen”. Hmm, putar otaklah […]

Ditandai: , ,
Posted in: akademik, menulis

It Horor Badut

September 22, 2017

0

“Dut badut badut badut badut badut badut jaman sekarang.” Itu mah liriknya lagunya Iwan Fals yang menghujat para politikus badut yang moralnya sudah ndak karuan bejatnya. Tapi badut di posting ini tampangnya seperti ini nih:   Badut itu adalah pemeran utama film “It”, sebuah film horor menghibur yang diangkat dari novel karya raja horor Stephen […]

Ditandai: , , ,
Posted in: film

Flatliners dan Sepenggal Maaf yang tak Kunjung Tersampaikan

September 21, 2017

0

Flatline adalah istilah yang digunakan di dunia kedokteran untuk menyebut garis datar di layar monitor detak jantung pasien di rumah sakit. Garis itu akan naik turun sesuai detak jantung, namun kalau jantungnya sudah berhenti maka terlihatlah garis datar tersebut dan pasien dinyatakan sudah meninggal. Nah, “Flatliners” sendiri adalah judul film di akhir dekade 1980 an […]

Posted in: humanity

Teori Game biar Menang Perang

September 16, 2017

0

Hidup tidak pernah lepas dari kompetisi. Baik di jalan, di tempat kerja, di kawasan Asia, atau bahkan di panggung dunia, kita semua berkompetisi untuk menjadi yang tercepat, terbaik, dan terunggul. Hidup adalah panggung peperangan, panggung kompetisi dimana semua bersaing untuk mengalahkan satu sama lain. Namun hanya segelintir dari kita yang sadar benar apa itu perang […]

Posted in: akademik, bisnis

Matamu! Bahasa Tubuh antar Manusia

September 15, 2017

0

Kemarin ketika sedang menunggu antrian cuci mobil, saya mendapat 2 pengalaman kecil yang agak di luar biasanya. Yang pertama, seorang pria sekitar usia 35 an tahun yang sedang menggendong putri kecilnya memandang saya sekilas lalu tersenyum ramah sebelum memasuki mobilnya. Karena terpana, saya diam saja. Goblok. Mestinya harus saya balas senyumnya itu walaupun saya yakin […]

Posted in: humanity

Menjadi Bahagia dan Menjadi Bermakna

September 14, 2017

0

Semua orang ingin menjadi bahagia. Semua orang ingin menjadi happy. Ya, itu jelas sekali. Tapi ternyata yang namanya happiness atau kebahagiaan itu rumit juga. Ada yang dinamakan plateau. Plateau kurang lebih artinya “dataran”, atau “sesuatu yang mendatar”. Pada saat tertentu, kita akan mulai happy ketika mendapat sesuatu yang menyenangkan. Semakin banyak yang kita dapat, semakin […]

Posted in: humanity

Foto Dahsyat

September 11, 2017

0

Foto di bawah ini saya temukan ketika sibuk mengoprek (lebih tepatnya: mengkepoin) album foto di fesbuknya prodi saya. Salah satu mahasiswa mengumpulkan hasil jepretannya (njepretnya ya pake kamera, ndak pake karet gelang) ketika acara penyambutan mahasiswa baru angkatan 2013. Di antara belasan foto-foto itu, ketemulah foto yang luar biasa ini:     Jan gemblung tenan. […]

Ditandai: , ,
Posted in: kampus, Nyantai

Tuhan adalah . . .

September 2, 2017

0

Saya kira, amatlah wajar bahwa manusia pada setiap tahap hidupnya selepas masa kanak-kanak senantiasa menyimpan sepenggal tanya dalam benaknya: “Apakah hidup ini? Mengapa aku berada disini? Siapakah yang menciptakanku? Sebelum aku hidup, jadi apakah diriku?”   Kalau diterus-teruskan, pertanyaan itu akan berujung pada: “siapakah Tuhan?”   Ada setidaknya dua pendapat tentang Tuhan.   Yang pertama, […]

Posted in: Agama, humanity

Pe{Salah}mahaman Antar Budaya: Kritik vs Apresiasi

Agustus 29, 2017

0

Dua budaya yang berbeda bisa menimbulkan kesalahpahaman. Makanya perlu upaya supaya yang terjadi adalah pemahaman, bukan kesalahpahaman antar budaya. Tapi ini sungguh topik yang menarik. Tidak banyak orang yang menyadarinya. Kalaupun menyadari, hanya segelintir yang mau menuliskannya agar orang lain terbuka wawasannya. Nah, mungkin saya adalah salah satu dari segelintir orang yang baik budi itu. […]

Posted in: humanity, Teamwork

Menyayat Mati Rasa

Agustus 25, 2017

0

Tidur anakku memeluk malam Memanjat mimpinya sampai bebintang Biarlah begitu tak usah ia paham Bapaknya menatap sayu sambil berlinang (sajak oleh Ook Purwanto, Kompas Minggu, 18 Mei 2008, halaman 28) Sajak ini berkesan sekali. Menggores benar. Yang terbayang di benak saya adalah seorang pengungsi korban lumpur Lapindo di tenda-tenda darurat di pasar Porong. Sang bapak […]

Posted in: humanity

Kenapa Kita Benci Kerja

Agustus 25, 2017

0

Kenapa kita cenderung membenci pekerjaan sebagai karyawan biasa, dan cenderung mengagung-agungkan mereka yang berani buka usaha sendiri, atau melakukan sesuatu yang radikal seperti misalnya keluar dari lembaga lalu menjadi gelandangan intelek yang menyadarkan banyak orang akan isu-isu yang kita pikir krusial?   Mungkin jawabannya karena di mata kita, orang yang keluar dari karirnya sebagai karyawan […]

Posted in: Agama, humanity, profesi

KomKor itu Sulit Tibaknya

Agustus 23, 2017

0

Kom Kor adalah singkatan dari komunikasi dan koordinasi. Yah, itulah saya. Makin tuwek makin males ngomong panjang, apalagi nulis panjang. Makanya saya singkat KomKor aja.   KomKor sekilas sederhana, ternyata pada prakteknya sulit luar biasa. Banyak lembaga yang sering mendapat keluhan dan bahkan makian pelanggan karena masalah komkor ini. Keputusan yang diambil di satu bagian […]

Posted in: bisnis, Teamwork

Kenapa Males Nikah?

Agustus 21, 2017

0

Pertanyaan ini bukan untuk Anda kalau Anda dari Asia atau lebih tepatnya dari sebuah ndeso di Asia, atau lebih persisnya di Indonesia. Namun pertanyaan ini bolehlah Anda baca dan cermati juga jawabannya di bawah ini.   Semuanya bermula dari rasa keingintahuan saya tentang gejala menuanya populasi di beberapa negara maju, seperti Jepang dan Korea, bahkan […]

Posted in: humanity, Pernikahan, sex

Marketing Jitu Konon sih tapi Markimak

Agustus 15, 2017

2

“Markimak” adalah singkatan dari “mari kita simak”. Ini singkatan versi saya sendiri yang mulai males mengatakan ungkapan-ungkapan panjang yang sudah sering diujarkan. Jadi daripada panjang-panjang saya singkat aja. Ok? Markimak.   Posting kali ini membahas tentang cara memasarkan suatu produk. Orang lugu seperti saya kalau disuruh memasarkan atau mengiklankan sebuah produk maka akan berdiri di […]

Posted in: bisnis, humanity

Passive Aggressive

Agustus 13, 2017

0

Kalau sudah tahu apa itu passive aggressive ya syukur. Artinya Anda rajin membaca dan rajin gosok gigi. Kalau belum tahu, ya ini lah penjelasan yang saya pahami tentang apa itu passive aggressive.   Dalam berinteraksi dengan orang lain, terutama pimpinan dengan bawahan atau guru dengan murid atau orang tua dengan anak, ada hubungan yang tidak […]

Posted in: humanity

Berubah Sikit Sikit lah: Catatan tentang Fashion

Agustus 12, 2017

0

Anda suka fashion? Sekalipun Anda mungkin bukan penyuka atau bahkan penggila fashion, tentunya Anda tahu bahwa fashion mengalami perubahan dari jaman ke jaman. Dari jaman tahun 1950 an dulu sampai millenium kedua di abad posmo ini, sudah banyak kita melihat bagaimana gaya pakaian mengalami perubahan dari waktu ke waktu.   Artikel yang saya baca di […]

Ditandai: , ,
Posted in: humanity

Menunggu

Agustus 8, 2017

0

  Menunggu adalah pekerjaan yang paling membosankan. Bukan hanya itu, menunggu  juga bisa sangat menyebalkan (misalnya menunggu jawaban chat dari seorang teman ), dan kalau keterlaluan, bisa memicu penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.   Rasanya yang diatas itu sudah ungkapan klise. Semua juga sudah tahu kalau menunggu itu menyebalkan. Waiting sucks, kata orang keminggris. […]

Ditandai:
Posted in: humanity, spiritualitas

Meninggal dengan Hormat

Agustus 6, 2017

0

Sebagai makhluk mortal, kita semua pasti akan mati. Setidaknya, tubuh, otak, ego, dan pribadi kita akan berakhir pada satu titik yang disebut kematian. Sejauh ini pula, sebagaimana layaknya di banyak negara di dunia, sudah lazim lah untuk mengawetkan jenazah supaya bisa tahan beberapa lama sebelum membusuk, lalu menguburkan jenazah itu di dalam tanah, umumnya lengkap […]

Posted in: Agama, humanity

Membaca itu Asik: Blinkist dan Gengnya

Agustus 4, 2017

0

Banyak kegiatan yang menyenangkan yang bisa kita lakukan dalam hidup ini. Bepergian ke daerah baru, makan-makan, hang out di mall, bermain game, tidur, dan masih banyak lagi. Namun satu kegiatan yang sebenarnya sama asiknya yang makin jarang ditulis dalam daftar “kegiatan favorit” manusia modern adalah membaca. Seperti saya katakan, membaca itu asik. Apalagi di jaman […]

Posted in: akademik, humanity

Menyembuhkan Penyakit Mental dengan Kitab Suci

Agustus 2, 2017

2

Beberapa tahun yang lalu dunia dihebohkan oleh penembakan massal di kampus Virginia Tech di US. Pelakunya seorang mahasiswa yang memang sudah keliatan freak sejak awal. Peristiwa itu tentu saja tragis. Setelah diselidiki latar belakangnya, terungkap bahwa ibu dari si penembak itu memang sudah mengetahui bahwa putranya menderita kelainan mental sejak masih kecil. Mungkin semacam psikopat […]