Generasi Muda Membaca? Mimpi Kalee

November 24, 2016

0

Kemarin saya menulis sebuah kalimat berbahasa Indonesia di papan untuk para mahasiswa di kelas Grammar: “Anda tidak boleh bermain gawai”. Begitu membacanya, serentak hampir semua murid bertanya: “Pak, apa itu gawai?”. Maka saya pun terbengong. “Ndak ngerti artinya gawai?”. Mereka menggeleng. “Kalian seberapa sering membaca surat kabar?” “Jarang, Pak,” kata mereka. Salah satu  menjawab “nyaris […]

Posted in: Uncategorized

Pria Menangis No Way

November 21, 2016

0

Setiap orang dibekali dengan mekanisme pelampiasan emosi dan stress. Salah satunya adalah kemampuan menangis. Karena alam membekali kemampuan ini untuk pria maupun wanita, maka menangis sebenarnya wajar-wajar saja. Ya, tapi kalau Anda seorang pria, ada baiknya berpikir ribuan kali sebelum  menangis di depan orang lain. Ini karena cara pandang kebanyakan orang di dunia adalah bahwa pria […]

Posted in: Uncategorized

Jack Ma, Alibaba, dan Harvard

November 13, 2016

0

Alibaba di jaman dulu adalah kisah seorang pemuda yang memiliki benda ajaib yang bisa mengeluarkan jin. Tapi di jaman ini nama itu identik dengan perusahaan dari Tiongkok yang secara ajaib menjadi salah satu perusahaan luar biasa dahsyat. Lha bayangkan, hari Jumat kemarin dia meraih penjualan senilai 17 milyar USD! Gila aja nih perusahaan, wong Jumat-Jumat […]

Posted in: Uncategorized

Kenapa Trump Menang Pilpres Amrik

November 11, 2016

0

Mendengar Donald Trump memenangi pemilihan Presiden USA rasanya seperti mimpi buruk. Setelah menerima berita itu di gadget, saya sampai menggeleng2kan kepala beberapa kali, setengahnya berharap supaya segera terbangun dari mimpi buruk.   Dunia juga langsung gonjang-ganjing begitu menerima kabar duka bahwa Donald Trump, milyarder yang  rasis, moslemphobia, dan misoginis (pembenci wanita) itu, bisa menang atas […]

Tagged: , , ,
Posted in: humanity

Nama Produk yang Memikat

November 8, 2016

0

Setelah menemukan suatu produk, hal tak kalah pentingnya adalah memberinya nama. Nama itu harus mudah diingat, mencerminkan sifat dan kualitas produknya, dan lebih bagus lagi kalau mempunyai asal usul yang mulia.   Secara psikolinguistik, ternyata orang mempunyai kecenderungan tertentu dalam memberi nama produk atau jasanya. Ini menarik karena seorang pemerhati bahasa seperti saya ternyata juga bisa […]

Posted in: bahasa, bisnis, humanity

Mimpi Semesta

October 29, 2016

0

Jalan-jalan itu memang menyenangkan. Kita bisa ke tempat-tempat yang belum pernah kita kunjungi, makan panganan2 jenis baru yang belum pernah kita cicipi, berfoto-foto, plus sedikit kudos ketika memamerkan perjalanan kita itu di Instagram. Tapi sekali-sekali nyoba yok jalan-jalan ke dalam tubuh kita sendiri. Kalau ke Jepang aja bisa, masa ke dalam tubuh sendiri ndak bisa? […]

Wawancara Dua Mahasiswa

October 27, 2016

2

Kedua mahasiswi ini, Yusida dan Shielvina dari Sastra Inggris 2014, benar-benar menyuguhkan pertanyan-pertanyaan menantang kepada saya dalam wawancaranya. Salut! Sekalipun baterenya low batt sampai tewas total, mereka gak menyerah, dan hebat memang hasilnya. Bukan, bukan sayanya yang hebat, tapi mereka berdua ini. Mulai dari pertanyaan sampai pada subtitlingnya digarap dengan cukup bagus. Kalau pun ada cacatnya, […]

Posted in: Uncategorized

Dido

October 24, 2016

0

  Namanya aneh: Dido. Kalau iseng, bisa pura-pura terselip lalu bilang “Dildo”. Halah! Tapi ini nama penyanyi Inggris yang lain yang juga saya suka musiknya. Di tahun 2003, salah satu hitsnya yang sangat populer adalah “White Flag”. Ternyata ini lagu tentang wanita romantis sekaligus nekad. Ceritanya, dia tuh entah gimana menjalin cinta dengan seseorang, lalu ada […]

Tagged: , ,
Posted in: humanity, musik, Nyantai

Go Gentle!

October 23, 2016

2

Penyanyi-penyanyi Inggris jarang membuat saya kecewa. Sejak jamannya the Beatles sampai Adele, mereka selalu tampil mempesona. Salah satunya adalah penyanyi favorit saya Robbie Williams. Kenapa dia menjadi favorit saya?  Ya karena kisah hidupnya yang boleh dikata menyerupai kita semua: pernah jaya, konflik dengan teman, berpisah, berjuang sendirian, sempat depresi, tapi akhirnya hidup relatif bahagia dengan […]

Tagged: , ,
Posted in: humanity, musik, Nyantai

Friends Sampah dan Manfaatnya

October 20, 2016

0

Setelah era Facebook yang diawali pada tahun 2008, makin kelihatan betapa gila dunia ini. Yah, sebenarnya pengertian “gila” atau “waras” itu relatif juga, sih. Tapi yang saya maksud “gila” disini adalah tingkat kespontanan beberapa fesbuker yang membuatnya nampak mengerikan, memalukan, atau bahkan menjijikkan.   Ketika Facebook digunakan sebagai sarana penyebaran tips praktis, intisari pengetahuan, informasi, […]

Posted in: Agama, bahasa, humanity, menulis

Move On dari Masa Lampau?

October 19, 2016

0

Move On dari Masa Lampau? Suatu ketika, saya melakukan perjalanan ke masa lalu. Lewat teknik super canggih yang melibatkan mekanika kuantum, wormhole dan segala macam, akhirnya saya sampailah ke masa awal 1800. Biyuuh, mencengangkan sekali dunia pada tahun itu. Semua masih sepi, dingin, subur, damai, dan alam terasa begitu dekat, sedekat napas yang saya hembuskan […]

Hapuskan Skripsi!

October 18, 2016

0

Hapuskan penulisan skripsi untuk mahasiswa tingkat sarjana! Komentar saya: “ya, jangaan, dodol!” Saya tidak tahu apa yang melatarbelakangi gagasan menghapuskan persyaratan menulis skripsi untuk mahasiswa tingkat sarjana. Pasti ada alasannya, dan mungkin berbobot juga. Buktinya saya dengar yang mengusulkan adalah pejabat tinggi di departemen pendidikan nasional; bahkan seorang kenalan yang bergelar Doktor juga kabarnya ikut […]

Orang Ketiga

October 9, 2016

0

Hal yang relatif mudah dilakukan adalah mencintai seseorang.   Baiklah. Buktinya sudah banyak. Anda bertemu dengan seseorang lawan jenis, tertarik, kemudian jatuh cinta. Cinta Anda berbalas, dan selanjutnya hiduplah Anda berbahagia untuk selama-lamanya dengan kekasih itu.   Tapi tunggu. Lalu kenapa setelah beberapa lama, adaa saja masalah yang membuat Anda dan pasangan itu sering berselisih […]

Posted in: Uncategorized

Antara Singapore dan Karangwidoro

October 9, 2016

3

Maksud hati mau bercerita tentang Singapore yang baru saya kunjungi, tapi karena semua orang sudah kesana maka saya batalkan.   Dulu tahun 70 an orang yang pergi ke Singapore akan disembah bak dewa karena jaman segitu hanya orang kaya raya atau pejabat tinggi yang bisa kesana. Sekarang si Mukidi aja udah bolak balik ke Singapore. […]

Posted in: humanity, Nyantai, traveling

Mengajar Online secara Efektif

October 8, 2016

0

Mengajar online itu sama seperti orang kurang waras. Ya iyalah, lha wong muridnya bisa diajar secara tatap muka seperti biasa, kenapa harus diajar secara online? Dosen yang mengajar secara online, termasuk saya, bisa disebabkan dua hal: pertama karena kurang waras tadi, dan yang kedua adalah mencoba suatu terobosan baru. Ya, sebenarnya sih saya tergolong yang […]

Manusia Beracun dan Menyendiri

October 2, 2016

0

Manusia beracun bukan karena tubuhnya mengandung racun, tapi karena omongannya tidak membuat hati nyaman dan gembira.   Kalau kita perhatikan, barangkali banyak dari kelompok manusia yang kita jumpai sehari-hari adalah manusia beracun. Omongannya tidak jauh dari ngerasani orang lain, entah itu politikus, selebritis, atau mungkin teman lain. Kalau sudah begitu, orang lain terus menambahi dan […]

Makan Yook Makaan!

September 30, 2016

4

Makan adalah kegiatan paling enak selain  berhubungan intim. Huss! Lho tapi ya emang bener toh??   Makan sekilas sederhana. Makanan dimasukkan mulut, kemudian dikunyah, dicecap dengan lidah, lalu glekk ditelan. Tapi ya karena gara-gara lidah yang ukurannya cuman segitu itu maka makan menjadi suatu ikon penting dalam budaya bangsa manapun.   Ketika dijamu makan oleh seorang […]

Tagged: ,
Posted in: humanity, makanan

Sebuah Cerpen

September 19, 2016

0

Aku adalah seorang jomblo. Barangkali Anda juga. Jika iya, silakan teruskan membaca. Jika tidak, apalah ruginya mengikuti kisah seorang jomblo? (Bersambung di sini )    

Tagged:
Posted in: humanity, menulis

Homo dan Romo

September 17, 2016

0

Sikap saya terhadap homo berubah-ubah. Lima tahun yang lalu saya benci pol sama homo. Saya anggap mereka makhluk aneh yang semestinya dihapuskan dari muka Bumi yang sudah ndak karuan ini. Namun dalam dua tahun terakhir saya makin banyak berpikir—tepatnya merenung—dan mulai mengubah sikap saya terhadap kaum sukses ini (sukses = suka sesama jenis).   Seorang […]

Tagged: , , , ,
Posted in: Agama, humanity, Pernikahan, sex

Kelas Vocabulary Cabul

September 14, 2016

2

Semester ini saya mengajar Vocabulary di mahasiswa Sastra Inggris semester pertama. Karena masih mahasiswa baru, maka mereka kelihatan masih segar dan juga . . .  polos. Maklum, baru lepas dari bangku SMA. Gaya dan tongkrongannya pun lain dengan kakak-kakak kelasnya yang kelihatan lebih serius, kalau ga boleh dikatakan kucel dan awut-awutan karena merenungi skripsi yang […]

Posted in: akademik, humanity, kampus, sex

Peristiwa 11 Sep 2001 adalah Tipuan Terbesar

September 12, 2016

0

11 September 2011. Dua menara kembar di gedung World Trade Center (WTC) di Amerika runtuh beberapa jam setelah dua pesawat penumpang yang dibajak teroris Timur Tengah menabrak bagian atasnya. Seluruh penumpang pesawat dan pembajaknya tewas, plus ribuan orang di gedung WTC tersebut. Tak lama setelah itu sebuah pesawat penumpang lain juga dibajak teroris Timur Tengah […]

Tagged: , ,
Posted in: Agama, bisnis, humanity

Di Atas Bis Patas Surabaya – Malang

September 10, 2016

0

Bis itu mengeram tenang, ibarat raksasa besi yang dengan ramah membiarkan para penumpang menaiki tubuhnya yang kokoh. Duduk di dekat jendelanya yang besar, maka terlihat pedagang asongan sedang duduk dan berdiri di samping bus di trotoar. Setelah sekitar sepuluh orang duduk dengan nyaman di kursinya, datanglah seorang pria muda mengacung-acungkan tahu kering dalam plastik bening. […]

Makan Banyak Napa To?

September 6, 2016

0

Ada beberapa alasan kenapa kita (kadang-kadang) makan banyak. Satu, karena makanannya enak dan itu di pesta pernikahan. Entah karena tidak mau rugi sudah menyumbang uang untuk kedua mempelai, atau memang hobi makan, ketika di pesta kita cenderung makan lebih banyak. Apalagi kalau makanannya enak, makin gila dah. Tapi ada juga sih beberapa orang yang makannya […]

Tagged: , ,
Posted in: humanity, makanan

Kenapa Tuhan Diam Saja?

September 5, 2016

4

Pertanyaan paling sering diucapkan oleh umat manusia–terutama yang beragama–  adalah yang seperti tertulis di judul itu: Kenapa Tuhan diam saja? Kenapa Tuhan membiarkan semua kekacauan, kejahatan, bencana, kebusukan dan segala macam kejahatan lain terjadi di dunia ini? Kenapa Tuhan diam saja tidak menjawab doa-doa saya?   Beberapa orang mencoba menawarkan jawabannya. Banyak yang mengatakan: semua kesulitan […]

Efek Mandela

September 2, 2016

0

Mandela Effect. Ini adalah gejala aneh pengingatan.   Kita pasti tahu siapa Nelson Mandela. Banyak orang mengingatnya sebagai seorang pejuang hak asasi manusia yang dipenjarakan belasan tahun oleh rezim rasis di Afrika Selatan, lalu  . . .   Lalu apa? Nah, disini letak anehnya. Beberapa orang akan menceritakan bahwa Mandela akhirnya meninggal di dalam penjara. […]

Posted in: Uncategorized

Darimana Datangnya Kesadaran?

August 27, 2016

2

Mengikuti ceramah para spiritualis banyak kali membuat saya tertegun-tegun. Isinya luar biasa, tidak lazim menurut akal kita-kita  yang makhluk-makhluk dangkal. Kali ini mereka berbicara tentang kesadaran. Banyak dari kita yang mengatakan dan percaya  bahwa kesadaran itu sumbernya ya dari otak. Ternyata tidak. Menurut kaum pemikir ini, mencari  sumber kesadaran di dalam otak itu sama seperti […]

Nostalgila Upacara 17 Agustus Talk Much Say Nothing

August 18, 2016

2

17 Agustus 2016. Tepat 30 tahun yang lalu saya menjadi manusia yang menyandang status mahasiswa S1. Tepat tiga puluh tahun yang lalu saya berdiri bersama teman-teman sekelas di lapangan bendera di jl Surabaya merayakan upacara bendera Hari Kemerdekaan Nasional. Yang ke berapa saya tidak tahu karena buat saya usia saya jauh lebih mudah dikenang daripada […]

Jones dan Wisudawan Ma Chung

August 12, 2016

4

Selamat pagi. Good morning. Zhao zhang hao. Sugeng injing. Saya mempunyai sebuah berita baik dan sebuah berita buruk. Berita baiknya, yudisium Fakultas Bahasa dan Seni kali ini dihadiri bukan hanya oleh lulusan Prodi Sastra Inggris, tapi juga Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin. Tepuk tangan untuk para lulusan dari Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin. Nah, berita buruknya adalah: […]

Rawannya Keperawanan

August 11, 2016

2

“Di negeri ini sex adalah hal yang wajar. Tapi menjadi tidak wajar, tabu, bahkan aneh dan berdosa kalau Anda membicarakannya di depan publik.”   Saya lupa dimana saya membaca ungkapan tersebut. Tapi ungkapan itu kemudian seolah bersambut dengan apa yang saya baca tadi pagi tentang keperawanan. Keperawanan tentunya bisa menyangkut pria atau wanita–sekalipun kalau untuk […]

Tagged: , , ,
Posted in: Agama, akademik, humanity, sex

Penjaminan Mutu a la General Electric

August 10, 2016

0

Pagi tadi saya terantuk pada sebuah bacaan bagus di Linked In. Artikel singkat itu mengisahkan seorang pejabat di General Electric yang menceritakan bagaimana perusahaan ternama itu menjamin mutunya. Mereka dengan sengaja meniadakan evaluasi tahunan, dan menggantinya dengan sebuah apps di gadget para petinggi sampai karyawan terendah yang berfungsi mengabarkan apa saja yang berkaitan dengan mutu. […]

Tagged: ,
Posted in: akademik

Makan Vegetarian Live Music

August 9, 2016

2

Sekarang gaya hidup vegan bukan hanya menjadi kekinian tapi juga simbol status. Rasanya ada nada kebanggaan yang sedikit memuakkan itu dalam ucapan ‘saya vegetarian’. Woooo, keren, lu vegan yah?  “Iya, dong, saya  ndak makan yang berkaki; hanya makan sayur dan daun-daunan.”. Bagus, makan tuh daun pintu  sekalian!  Murid kampus ini hebat. Studi ke Guangzhou bukannya […]

Posted in: bisnis, humanity

Tuhan Krataak!

July 24, 2016

0

Tuhan Krataak! Satu hari setelah kiamat. Saya mulai capek mengadili sekian puluh juta nyawa yang berderet antri di depan saya. Dari tadi duduk teruss. Pinggang mulai terasa sengkleh, dan punggung serta leher pun cenut-cenut. Itu masih ditambah saya harus berpikir keras memutuskan nyawa yang saya adili harus masuk neraka, atau ke surga, atau ke masa […]

Forrest Gump, dan Bahagianya

July 21, 2016

2

Menurut seorang spiritualis terkemuka, orang yang bisa disebut bahagia adalah orang yang mengikuti saja alur hidupnya dengan minim resistensi dari pikiran dan egonya. Mau apapun yang terjadi dan kemanapun dia pergi atau dibuat pergi,  dia akan ikut saja, jarang sekali mengeluh, membangkang atau bahkan memaki-maki. Nah, Forrest Gump, menurut sang spiritualis itu, bisa dikatakan sebagai […]

Posted in: humanity, Nyantai

Pembimbing dan Penguji Skripsi

July 21, 2016

2

Ada sesuatu yang kurang beres: dalam sebuah forum ujian skripsi, hadir dua orang pembimbing dan satu orang penguji. Masing-masing dari ketiga orang ini diberi waktu untuk  melontarkan pertanyaan kepada si mahasiswa penulis skripsi, lalu mereka menilai kualitas jawabannya di sebuah form penilaian.   Sampai disini semua jadi rancu, karena peran pembimbing dan penguji jadi tercampur baur. […]

Posted in: akademik, pendidikan

Belajar di Era Digital

July 21, 2016

0

Jumlah pertemuan: 16 kali, masing2 160 menit. Materi ajar: buku berjudul “XYZ” karangan Dr. Jones. Pembelajaran disusun berdasarkan Rencana Pembelajaran Semester. Ruang kelas: Bakteriusus   Hal yang tertulis di atas adalah khas pengelolaan pembelajaran dari generasi jadul yang lazim disebut “digital immigrants”. Mereka biasanya berusia 50 an ke atas. Karena tahunya sejak jaman kakek neneknya […]

Posted in: akademik, pendidikan

Lagu yang Aneh

July 20, 2016

0

Lagu yang aneh. Video klipnya biasa saja, malah terkesan serampangan karena diambil dengan kamera tangan. Pemain-pemainnya yang jelas orang-orang amatiran berpakaian seadanya, hanya berkaos oblong, bercelana training dengan sepatu kets. Mereka melakukan beberapa gerakan dance yang juga tidak kalah nyentriknya di sebuah pusat perbelanjaan. Mereka menari seperti itu di bawah iringan lagu berjudul “Praise You” […]

Tagged: , , ,
Posted in: humanity, musik, Nyantai

God is Nothing

July 13, 2016

0

  God is nothing. No thing. No THING. Because if He were  a thing, he would be  subject to decay and death.   Being No Thing, God accepts and understands all That Is. We are all God because we carry His image, and in fact, is  the source of that image itself. Thus, Life is God’s having […]

Posted in: Agama, humanity

Agama di Tangan Komedian

July 10, 2016

0

Agama di Tangan Komedian Melihat agama dari sudut pandang para komedian sungguh menyenangkan. Saya bahagia bisa tertawa akan lelucon-lelucon seperti itu. Memang saya memilih untuk tertawa dan bukan marah-marah lalu menghunus pedang untuk menyembelih para pelawak itu karena agama saya dilecehkan. Marah adalah cerminan iman kerdil dan hey…bukankah sudah kita yakini bahwa marah adalah neraka? […]

Tagged: , ,
Posted in: Agama, humanity

Kenapa Endingnya Harus Seperti Itu :(

June 28, 2016

0

Saya memang sangat pendiam dan oleh karena itu tidak menarik, namun saya suka dan konon sih berbakat menulis. Saya sudah menulis sejak masih kelas 4 SD. Karangan saya tentang anjing dan hantu dimuat di majalah Bobo dan oleh guru saya dibacakan di depan kelas diiringi tepuk tangan dan sorot mata kagum teman-teman sekelas . . […]

Tagged: ,
Posted in: humanity, menulis, Nyantai

Beriklan Secara Cerdas

June 22, 2016

2

Kalau melihat cara perusahaan mengiklankan diri kadang-kadang saya tertawa geli. Ya sebel ya geli. Contohnya begini:  saya sedang kebelet ingin segera melihat balapan F1 yang seru di Canada 2 minggu yang lalu. Yang saya ingin lihat adalah tabrakan di tikungan pertama. Maka, saya ke Youtube dan mencari adegan itu. Eh, baru juga diklik, muncul iklan […]

Tagged: ,
Posted in: bisnis, film

Lulusan Sastra Inggris Jadi Pilot

June 21, 2016

8

  Mahasiswa yang satu ini banyak kali membuat saya menangis dalam hati. Perasaan campur aduk antara sebal, gregeten, tapi juga kasihan berkecamuk di dada setiap kali mengajar dia. Betapa tidak, kemajuannya sereeeet banget. Ketika teman-teman sekelasnya sudah menangkap materi pelajaran dan mulai piawai merangkai gagasan ilmiah dengan bahasa Inggris, dia masih bergelut dengan masalah tata […]

Posted in: akademik, profesi

Setelah Lulus, Kamu Mau Ngapain?

June 21, 2016

2

Ini musim menjelang yudisium. Makin banyak mahasiswa berdatangan untuk meminta tandatangan di atas naskah skripsinya, atau check list syarat yudisium, dan sebagainya. Setiap kali saya menandatangani berkas-berkas tersebut, saya selalu ujarkan pertanyaan di judul di atas: “habis lulus, kamu mau ngapain?”   Ada satu orang yang menjawab dengan mantap: “oh, saya sudah kerja, Pak. Jadi […]

Perpustakaan di Era Digital

June 15, 2016

2

Setaip kali masuk ke perpustakaan, yang saya rasakan dari dulu tetap sama: keheningan, dan koleksi buku yang berjajar rapi, diam, menyimpan berjuta bibit informasi yang siap dikunyah dan diolah menjadi pengetahuan.   Namun, ini adalah era digital. Era gadget. Hampir semua orang mengakses gadgetnya untuk mendapatkan berbagai fasilitas, termasuk buku dan sumber informasi tulis yang […]

Posted in: akademik, kampus

Akreditasi A Prodi Sastra Inggris

June 10, 2016

0

Bulan Juni 2015 saya mengeluarkan surat keputusan yang isinya adalah pembentukan tim akreditasi Prodi Sastra Inggris. Saya tuliskan di surat itu: “target adalah akreditasi dengan nilai A”. Bulan Oktober, masih pada tahun yang sama, prodi itu memenangkan hibah 30 juta rupiyah untuk mempersiapkan akreditasinya. Bulan Januari 2016 tim itu mulai bekerja kesetanan untuk menyiapkan akreditasinya […]

Posted in: akademik, Teamwork

Bahasa Slang vs Bahasa Alay

June 7, 2016

0

“Amplopnya sudah?” tanya seorang pemilik perusahaan kepada stafnya yang akan berangkat mengurus perijinan. “Sudah, pak,” jawab  si staf. Lalu diapun berangkat ke sebuah instansi pemerintah membawa segepok berkas.   Tak lama kemudian dia kembali. Berkasnya masih utuh. Dia melapor ke bosnya: “Pak, katanya orang disana, berkas kita belum bisa diproses. Katanya sih kurang amplopnya.”   […]

Ken Arok dan Pesona Ken Dedes

June 4, 2016

0

Cerita tentang Ken Arok entah kenapa membuat saya jadi tertarik. Bukan hanya karena dia adalah raja di beberapa wilayah yang kemudian menjadi daerah-daerah populer di kota Malang, namun juga karena saya penasaran sehebat apa sih Ken Arok ini? Dari cerita sejarah di bangku SD yang saya ingat hanyalah bahwa dia adalah seorang ksatria pendamping raja  Tunggul […]

Posted in: humanity, Nyantai, Pernikahan, sex

Johnny Depp dan Istrinya

June 2, 2016

2

Salah satu aktor favorit saya adalah Johnny Depp. Aktingnya prima, dan kemampuannya berubah kepribadian dari satu peran ke peran lain  sangat mencengangkan. Bandingkan dia yang komikal, nyentrik, tapi asik sebagai Willy Wonka di  “Chocolate Factory”     dengan dia yang serius, muram tapi kejam di “Public Enemy”:     lalu bandingkan lagi dengan dia yang kocak, […]

Ngantuuk dan Yoga

May 31, 2016

0

Kadang-kadang saya masih bertegur sapa dengan mantan murid-murid saya. Ada satu yang menjalankan bisnis ayahnya dan setiap hari mulai buka usaha jam 10. Murid: “saya ngantuk, Pak”. Saya: “Ngantuk? Guoblok! Hahaha. Eh, kamu kok ngantukan se?” Murid: “Tidur jam 3 pagi, Pak.” Saya: “Lha lapa tidur subuh?” Murid: “Gak isa tidur, Pak. Pingin kawin.” O […]

Tagged: , , ,
Posted in: humanity, Nyantai, olahraga, sex

Prenjak dan Vagina

May 28, 2016

0

Wanita muda itu pusing. Utangnya menumpuk, padahal gajinya minim. Maka pada puncak kegalauannya, dia memutuskan untuk menjual korek api. Satu batang korek api diberinya harga 10 rebu rupiah. Hah!? Mahal amat?? Ya emang mahal, karena sepadan dengan apa yang didapat pembelinya, yaitu boleh memandangi bagian tubuh paling pribadi dari wanita tersebut di bawah meja.   […]

Tagged: , ,
Posted in: humanity, Nyantai, sex

Art Brut dan Outsider Art

November 1, 2016

0

Art Brut dan Outsider Art. Iki hewan apa lagi? Bukan, ini bukan hewan. Lha apa? Ini sejenis roti. Lho, kalo itu kan “brood” dari bhs Belanda yang artinya roti? Lha iki “brut” kok.   Ternyata artinya memang unik. Art brut = hasil karya seni yang dibuat oleh orang yang mengalami kelainan mental atrau gangguan kejiwaan. […]

Posted in: Uncategorized